Hitachi Luncurkan Robot Humoris

Selasa, 20 Mei 2014 - 16:10 WIB
Hitachi Luncurkan Robot Humoris
Hitachi Luncurkan Robot Humoris
A A A
TOKYO - Ilmuwan Jepang meluncurkan robot dengan rasa humor tinggi. Robot ini diklaim mampu mengetahui kapan lelucon dikeluarkan.

Dilansir dari Economic Times, Selasa (20/5/2014), robot bernama EMIEW2 tersebut mampu melakukan percakapan singkat dengan manusia, tanpa diberi naskah.

Robot berwarna merah dan putih ini mengambil kata-kata kunci dari kalimat - misalnya, "berapa banyak" - untuk mencoba mengetahui pertanyaan diminta, kemudian mencari jawaban yang sesuai.

Insinyur di Hitachi telah memprogram android untuk memahami berbagai tanggapan manusia, termasuk sinyal non-verbal seperti mengangguk pada robot ini.

robotrobot
Dalam demonstrasi di Tokyo, Selasa (20/5/2014), robot yang memiliki tinggi 80 sentimeter (32 inci) tersebut menjawab pertanyaan jumlah orang yang bekerja di fasilitas Hitachi.

"Kami memiliki dua angsa". Ketika lawan bicara bingung dengan jawaban itu, robot bereaksi. "Kau benar? Aku bercanda. Kami memiliki sekitar 800 orang yang bekerja di sini".

Juru bicara Hitachi, Hisashi Ikeda mengatakan, untuk sementara rasa humor robot ini belum halus. Namun, kemampuan untuk memahami reaksi adalah langkah maju yang penting. "Teknologi baru memungkinkan robot memahami manusia. Bahkan, bila hanya dengan gerakan," katanya.

EMIEW2, memliki mobilitas sangat baik dan interaktif sebagai rekan kerja. Pembuatannya dikembangkan sebagai teman di rumah, atau sebagai resepsionis.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8324 seconds (0.1#10.140)