Bubuk Kopi Bisa untuk Bahan Bakar Mobil

Kamis, 19 Juni 2014 - 17:59 WIB
Bubuk Kopi Bisa untuk Bahan Bakar Mobil
Bubuk Kopi Bisa untuk Bahan Bakar Mobil
A A A
BATH - Peneliti di Universitas Bath di Inggris mengungkapkan bahwa bubuk kopi dapat diubah menjadi biofuel. Bahan bakar minyak nabati yang mampu menyalakan mobil layaknya menggunakan bensin.

Dilansir dari Leftlanenews, Kamis (19/6/2014) para ilmuwan menemukan bahwa 22 pon biji kopi dapat digunakan untuk membuat setengah galon biofuel. Caranya dengan mengekstraksi minyak yang terkandung di biji menggunakan pelarut organik.

Selain itu, bubuk kopi dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan lain yang saat ini digunakan untuk membuat biofuel. Meskipun penelitian belum sampai pada efek yang dapat ditimbulkan, jika mesin berlama-lama menggunakan biofuel dari biji kopi.

"Minyak di dalam kopi memiliki sifat yang mirip dengan bahan baku saat ini digunakan untuk membuat biofuel. Tapi, sementara mereka dibudidayakan secara khusus untuk memproduksi bahan bakar ampas kopi yang merupakan limbah," jelas Chris Chuck, salah satu ilmuwan yag mengerjakan proyek ini.

Peneliti membuat biofuel menggunakan kopi bubuk yang bersumber lebih dari 20 wilayah di seluruh dunia. Mereka menemukan bahwa tidak ada perbedaan baik biji kopi yang mengandung kafein maupun tidak.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)