Pesawat Luar Angkasa AS Uji Coba Lepas Landas

Kamis, 04 Desember 2014 - 19:53 WIB
Pesawat Luar Angkasa AS Uji Coba Lepas Landas
Pesawat Luar Angkasa AS Uji Coba Lepas Landas
A A A
CALIFORNIA - Pesawat ruang angkasa terbaru AS yang dirancang untuk menerbangkan astronot ke Mars dalam misi jelajah alam raya siap lepas landas dalam uji terbang tanpa awak.

Roket pendorong bernama Delta 4 akan membawa kapsul Orion (tempat astronot berada) terbang selama 4,5 jam untuk menguji perisai panas, parasut dan sistem lain yang dibutuhkan untuk mengangkut astronot ke luar angkasa.

Berbeda dengan Orion yang dibangun perusahaan Lockheed Martin, Delta 4 dibangun oleh perusahaan patungan Lockheed Martin Corp dan Boeing Co. Keduanya akan meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station di 07:05 EST (1205 GMT) Kamis, waktu setempat.

"Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 40 tahun, bangsa ini akan meluncurkan pesawat ruang angkasa yang dimaksudkan untuk membawa manusia di luar orbit rendah Bumi," ujar NASA Administrator Charlie Bolden seperti dilansir dari Reuters, Kamis (4/12/2014).

Jika semua berjalan sesuai rencana, Orion akan mendarat di Samudra Pasifik, di lepas pantai semenanjung Baja California, Meksiko. Selepas mendarat di laut, dua kapal Angkatan Laut AS akan segera menjemputnya.

Ekspedisi manusia terakhir yang digelar NASA di luar Bumi adalah misi Apollo ke bulan pada akhir 1972. Peluncuran Orion sendiri merupakan bagian dari rencana untuk mendaratkan manusia di asteroid pada 2025 mendatang.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7744 seconds (0.1#10.140)