Arianespace Luncurkan Dua Satelit di Korsel

Rabu, 18 Februari 2015 - 09:39 WIB
Arianespace Luncurkan...
Arianespace Luncurkan Dua Satelit di Korsel
A A A
JAKARTA - Korea Aerospace Reasearch Institute (KARI) telah memilih Arianespace, meluncurkan dua satelitnya dalam program GEO KOMPSAT-2. Senior Vice President, Sales & Customers Arianespace, Jacques Breton dan President KARI, CHO Gwangrae telah menandatangani kontrak untuk GEO KOMPSAT-2A dan 2B.

GEO KOMPSAT-2A (GK2A) dan GEO KOMPSAT-2B (GK2B) akan diorbitkan ,dengan peluncur Ariane 5 pada Mei 2018 dan Maret 2019 dari Guiana Space Center, Europe's Spaceport di Kourou, Guyana Prancis. Arianespace dan pusat riset teknologi satelit Korea telah membangun hubungan baik selama hampir 25 tahun, dengan diluncurkannya scietific microsatellites atau satelit-satelit mikro ilmiah dan satelit multi-misi COMS.

GEO KOMPSAT-2A (GK2A) dan GEO KOMPSAT-2B (GK2B) akan menjadi satelit ketujuh dan kedelapan yang akan diluncurkan oleh Arianespace untuk Korsel (Korea Selatan). Setiap satelit GEO KOMPSAT-2 memiliki bobot sekitar 3.200 kg pada saat peluncuran dan akan diposisikan di orbit geostasioner pada 128.2 derajat timur.

Satelit-satelit tersebut akan dibangun oleh KARI di fasilitas instalasi di Daejeon, Korsel. Tugas kedua satelit GEO KOMPSAT-2 adalah untuk melakukan observasi meteorologi dan mengawasi cuaca di udara (GK2A), dan mengawasi laut serta lingkungan di bumi (GK2B).

Chairman & CEO Arianespace, Stephane Israel mengatakan, peluncuran terakhir untuk KARI terjadi pada 2010. Dan kini telah dipilih kembali KARI, untuk meluncurkan dua misi observasi meteorologi yang mengesankan.

"Ini suatu kehormatan bagi Arianespace dapat berkontribusi untuk pencapaian antariksa Korea," ujarnya melalui surat elektronik kepada Sindonews, Rabu (17/2/2015).
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8272 seconds (0.1#10.140)