Selain Nuklir, Ini Teknologi China yang Ditakuti AS

Jum'at, 20 September 2024 - 18:28 WIB
loading...
Selain Nuklir, Ini Teknologi...
, Ini Teknologi China yang Ditakuti AS. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Berdasarkan studi selama 20 bulan terhadap 44 perusahaan China yang bergerak di bidang teknologi utama termasuk energi nuklir, semikonduktor, kecerdasan buatan, dan kendaraan listrik berkembang pesat.



Analis dari Information Technology and Innovation Foundation (ITIF), mempresentasikan temuannya dalam sebuah acara di Capitol Hill.

Mereka mendesak para politisi dan pembuat kebijakan AS untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh kemajuan inovasi Tiongkok.

“Secara keseluruhan, kami menemukan bahwa sistem inovasi Tiongkok, meski tidak sempurna, jauh lebih kuat dari yang dipahami sebelumnya,” kata perwakilan ITIF, Stephen Ezell.

Meskipun China belum memimpin dalam semua aspek, Tiongkok telah mencapai keberhasilan di beberapa bidang, dan perusahaan-perusahaan China diperkirakan akan menyamai atau melampaui perusahaan-perusahaan Barat dalam satu dekade, tambahnya.

China saat ini memimpin dalam bidang tenaga nuklir, kendaraan listrik, dan baterai, sementara kemajuan mereka dalam bidang semikonduktor canggih tidak terlalu besar.

Studi ini mengevaluasi perusahaan-perusahaan Tiongkok berdasarkan investasi penelitian dan pengembangan, jumlah karyawan, kehadiran tim inovasi internal, penghargaan internasional, dan dominasi pasar, serta membandingkannya dengan para pemimpin global di bidang yang sama.

Dalam hal energi nuklir, China diketahui 10 hingga 15 tahun lebih maju dari AS dalam pengoperasian reaktor nuklir generasi keempat.

China kini membangun lebih banyak reaktor nuklir dibandingkan gabungan semua negara lain dan telah melampaui Amerika Serikat dalam hal ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)