Pakan Ikan Bisa Lewat Smartphone

Selasa, 17 Maret 2015 - 16:30 WIB
Pakan Ikan Bisa Lewat Smartphone
Pakan Ikan Bisa Lewat Smartphone
A A A
BANDUNG - Kecanggihan teknologi menguasai semua aspek, tidak ketinggalan pemberian pakan pada kolam budidaya ikan dan udang. Solusi ini ditawarkan eFishery, smart feeder buatan Bandung, Jawa Barat.

eFishery adalah startup yang hadir untuk membantu budidaya ikan dan udang melalui solusi aplikasi smartphone. Smart feeder eFishery dapat memberikan pakan pada kolam budidaya secara terjadwal dan diatur jumlahnya.

Device tersebut dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi nafsu makan ikan atau udang, sehingga diperoleh data kapan waktu yang tepat untuk pemberian pakan. Cara setting-nya cukup dari perangkat smartphone.

eFishery lahir dari tangan orang yang memang memahami benar masalah budidaya ikan dan udang. Dialah Gibran Chufaezah Amsi El Farizy atau yang akrab disapa Gibran.

“Hampir semua pebisnis budidaya ikan dan udang mengalami masalah yang sama, yakni pemberian pakan,” ungkap Gibran. Pakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil akhir yang akan masuk ke kantong pemilik kolam.

“Saat itu saya mencari dua cofounder lagi, satu di bidang teknologi dan satunya di finansial. Untuk bahan-bahan pembuatan perangkat eFishery smart feeder kami kumpulkan dan rakit sendiri,” jelas Gibran.

eFishery resmi lahir pada 2012 dan kini telah diproduksi dan laku keras. Perangkat tersebut juga telah memperoleh banyak penghargaan baik lokal maupun internasional seperti INAICTA 2013 dalam kategori Research and Development serta juara satu di Get In The Ring 2014 di Belanda.

“Kami ingin mengembangkan sumber energi yang digunakan oleh eFishery. Jika saat ini masih menggunakan listrik, maka nanti akan menjadi menggunakan baterai yang dapat di-charge dengan teknologi panel surya atau tenaga matahari,” tambah Gibran.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6853 seconds (0.1#10.140)