Delapan Penemuan Ilmuwan Indonesia Mendunia

Sabtu, 09 Mei 2015 - 06:01 WIB
loading...
Delapan Penemuan Ilmuwan Indonesia Mendunia
Delapan Penemuan Ilmuwan Indonesia Mendunia
PENEMUAN hebat ternyata tidak hanya dimonopoli ilmuwan mancanegara. Indonesia juga memiliki banyak ilmuwan jempolan yang karya dan penemuannya mendunia.

Tim Litbang Koran Sindo mencatat sedikitnya ada delapan ilmuwan di Tanah Air yang penemuannya diakui dunia:

1. BJ Habibie
Penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie, teknologi di bidang pesawat Terbang

Di bidang teknologi pesawat terbang, Habibie dikenal sebagai “Mr Crack” karena keahliannya menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, para ahli dirgantara mengenal apa yang disebut Teori Habibie, Faktor Habibie, Fungsi Habibie.

2. Profesor Mezak Arnold Ratag

Penemu Planetary Nebula Cluster

Astronom lulusan ITB Bandung ini namanya telah diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster, termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch- Menzies dan Ratag-Pottasch cluster, yang ditemukannya.

3. Josaphat TS Sumantyo

Penemu radar 3 dimensi (3D)

Totalitas dan dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, membuat Josh meraih berbagai penghargaan dari Chiba University, antara lain Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award hingga Chiba University President Award.

4. Johny Setiawan

Penemu planet baru HIP 13044b

Johny Setiawan merupakan lulusan doktor termuda di Albert-Ludwigs Universitas, Greiburg, Jerman. Dia adalah satu-satunya ilmuwan non Jerman yang menjadi Ketua Tim Proyek Max Planck Institute for Astronomy, di Heidelberg, Baden-Wurttemberg, Jerman sejak 2003. Dia telah banyak menemukan planet, mulai dari planet bernama HD 47536 b, HD 11977 b, HD 47536 c, HD 70573 b, HD 110014 b, hingga TW Hydrae b.



5. Warsito
Penemu alat pemindai (ECVT) 4 dimensi (4D)

Warsito adalah seorang penemu yang mengembangkan teknologi pemindai atau Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) 4 dimensi pertama di dunia. Ilmuwan muslim dari Indonesia ini juga sebagai pemilik paten ECVT yang didaftarkan di dokumen paten Amerika Serikat (AS).

6. Eniya Listiani Dewi
Penemu membran sel bahan bakar
halaman ke-1
preload video
Topik Terkait
KOMENTAR ANDA