Fosil Hiu Raksasa Ptychodus Ditemukan di Meksiko, Mengungkap Rahasia yang Terpendam

Jum'at, 26 April 2024 - 18:45 WIB
loading...
Fosil Hiu Raksasa Ptychodus Ditemukan di Meksiko, Mengungkap Rahasia yang Terpendam
Temuan Fosil Hiu Raksasa Ptychodus . FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LIMA - Penemuan fosil yang terawat dengan baik dari kelompok hiu raksasa yang punah di Meksiko telah membuka peluang baru untuk memecahkan misteri seputar makhluk purba ini.



Seperti bentuknya, apa yang mereka buru, dan bagaimana mereka berevolusi menjadi hiu modern.

Hiu raksasa ini, yang dikenal sebagai Ptychodus, hidup di periode Kapur (sekitar 105 hingga 75 juta tahun yang lalu) dan diperkirakan memiliki panjang tubuh hingga 10 meter (33 kaki).

Seperti dilansir dari IFL Science, Jumat (26/4/2024), fosil mereka telah ditemukan di semua benua kecuali Antartika.

Meskipun pertama kali dilaporkan pada tahun 1729, genus Ptychodus masih menjadi salah satu fosil elasmobranch (kelompok yang mencakup hiu, skate, dan pari) yang paling membingungkan. Banyak gigi aneh telah ditemukan, namun fosil yang lebih detail, yang menampilkan elemen kerangka tengkorak dan pasca-kranial, sangat jarang ditemukan dan spesimen lengkap belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Namun, penelitian baru yang mendeskripsikan spesimen lengkap dari Kapur Akhir awal Meksiko, termasuk kerangka tubuh yang diawetkan, telah mengubah segalanya. Penemuan ini memberikan informasi penting tentang Ptychodus dan gaya hidup misteriusnya.

Menurut penulis penelitian, kerangka lengkap baru ini "membantu memecahkan teka-teki lama Ptychodus" dan menjawab pertanyaan yang telah ada selama hampir dua abad tentang anatomi, hubungannya dengan spesies lain, dan perilaku predatornya.

Analisis filogenetik dan ekomorfologi menunjukkan bahwa Ptychodus memang raksasa. Para peneliti memperkirakan panjang tubuh maksimumnya mencapai 9,7 meter (31,8 kaki) dengan panjang rahang 1,9 meter (6,2 kaki). Sebagai perbandingan, hiu durofag terbesar yang masih hidup - hiu yang memakan organisme bercangkang keras seperti karang, moluska bercangkang, atau kepiting - hanya memiliki panjang 2,5 hingga 3,5 meter (8,2 hingga 11,5 kaki). Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan bahwa Ptychodus "mungkin adalah hiu durofag terbesar yang pernah ada".

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa elasmobranch yang sulit ditangkap ini adalah predator yang berenang cepat, termasuk dalam kelompok hiu makarel (Lamniformes), yang juga mencakup hiu putih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8027 seconds (0.1#10.140)