Inti Bumi Berhenti Berputar dan Berbalik Arah, Ilmuwan Antisipasi Dampaknya pada Kehidupan

Rabu, 25 Januari 2023 - 09:10 WIB
“Pengamatan mengejutkan menunjukkan inti dalam Bumi hampir berhenti berotasi dalam dekade terakhir. Dan mungkin mengalami rotasi kembali, sesuai osilasi multidecadal, dengan arah titik balik,” ujar Yang dan Song di Nature Geoscience.



Inti dalam Bumi adalah bola logam padat yang berukuran 75 persen ukuran Bulan dan terletak sekitar 3.000 mil di bawah kaki kita. Inti mengalami panas yang hebat setara dengan permukaan Matahari dan karena begitu jauh letaknya sehingga sulit untuk dipelajari.

Song telah menghabiskan beberapa dekade mencoba mengungkap misteri inti dalam dengan mempelajari gelombang seismik yang melewati wilayah ini. Dia adalah bagian dari tim yang pertama kali melaporkan bukti rotasi inti dalam pada tahun 1996 dan mengukur adanya perubahan waktu yang dihasilkan oleh rotasi bumi.

“Kami memperkirakan itu akan berputar ke barat relatif terhadap permukaan Bumi dalam beberapa tahun dan dekade mendatang. Ini menunjukkan adanya periodisitas serupa dari pengamatan yang berbeda, membentuk sistem yang beresonansi,” kata Yang dan Song.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More