3 Tempat dengan Waktu Malam Terpanjang di Dunia, Bisa Sampai Berbulan-bulan

Kamis, 02 Maret 2023 - 14:57 WIB
Terdapat sedikitnya tiga tempat dengan waktu malam terpanjang di dunia. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga tempat dengan waktu malam terpanjang di dunia . Beberapa di antaranya bahkan bisa mencapai waktu berbulan-bulan.

Perbedaan waktu di berbagai belahan dunia mungkin terdengar cukup wajar. Akan tetapi, ternyata pembagian waktu antara siang dan malam juga tampak berbeda di sebagian tempat.

Tercatat, sejumlah lokasi di dunia memiliki waktu malam atau tidak adanya matahari yang terbilang sangat lama. Fenomena ini biasa disebut dengan Polar Night atau Malam Kutub. Singkatnya, waktu malam hari dalam periode Polar Night bisa berlangsung melebihi 24 jam.

Baca juga : 5 Tempat dengan Nama Terpanjang di Dunia, Susah Dibaca

Berikut tiga tempat dengan waktu malam terpanjang di dunia.

1. Finlandia Utara

Finlandia merupakan negara Nordik di Eropa Utara. Mereka berbagi perbatasan dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di bagian timur.



Beberapa wilayah Finlandia memiliki sebuah fenomena unik bernama Kaamos atau biasa dikenal sebagai Polar Night. Mengutip laman BiginFinland, Kaamos ini merupakan malam panjang yang bisa muncul selama 24 jam berturut-turut.

Fenomena ini disebut dapat bertahan lama di Finlandia Utara (hingga 2 bulan), sedangkan yang tersingkat hanya sehari di wilayah garis Lingkar Arktik.

Namun, perlu diketahui bahwa hari gelap 24 jam ini bukan berarti langit akan selalu berwarna hitam. Sekitar tengah hari, akan muncul senja hingga warna kejernihan di langit. Bahkan, ketika diselimuti salju, semuanya tampak bersinar seperti warna biru.

Baca juga : Malam Panjang, Proses Matahari Terbit dari Barat Tanda Awal Kiamat
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More