Inilah Spesifikasi Jet Tempur Boeing EA-18G Growler, Pesawat Militer Paling Berbahaya

Senin, 14 Agustus 2023 - 06:43 WIB
Spesifikasi jet tempur canggih Boeing EA-18G Growler menarik untuk dipahami. Pesawat ini digunakan militer AS dan Australia. Foto: The Drive
AMERIKA - Boeing EA-18G Growler adalah salah satu jet tempur tercanggih dan paling berbahaya di dunia. Pesawat militer itu dibekali radar serta berbagai senjata dahsyat.

Boeing EA-18G Growler merupakan pesawat tempur elektronik yang dikembangkan Boeing untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Menggunakan platform dari pesawat tempur tempur F/A-18F Super Hornet, EA-18G Growler dirancang khusus untuk perang elektronik.

Berikut adalah spesifikasi dan keunggulan utama dari pesawat tempur Boeing EA-18G Growler:

1. Perang Elektronik (Electronic Warfare)

Sebagai pesawat perang elektronik utama Angkatan Laut AS, Growler dilengkapi peralatan dan sistem khusus yang memungkinkan mendeteksi, mengidentifikasi, dan mengganggu sinyal komunikasi dan radar musuh.

Kemampuan ini membuatnya sangat efektif dalam mengacaukan sistem pertahanan udara dan komunikasi lawan. Growler diklaim dapat memberikan data intelijen, pengawasan, dan pengintaian.



2. Supresi Radar dan Pertahanan Udara

EA-18G mampu meredam dan mengacaukan radar musuh, termasuk radar pertahanan udara dan sistem radar permukaan. Ini memungkinkan pesawat membantu pesawat tempur lain memasuki ruang udara yang lebih aman dengan mengurangi kemampuan musuh untuk mendeteksi mereka.

Sistem radar APG-79 Active Electronically Scaned Array (AESA) membuat Growler EA-18G memiliki kemampuan untuk menargetkan dan melacak musuh.

Pilotnya menggunakna Joint Helmet-Mounted Cueing System, diklaim mampu menargetkan musuh secara sistem dan sensor.

3. Pelindung Formasi

Growler dapat bertindak sebagai pengawal elektronik untuk formasi pesawat tempur lainnya, melindungi mereka dari ancaman radar dan elektronik lawan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More