Mengenal Wahana Antariksa India Chandrayaan-3, Sukses Jalankan Misi Pendaratan di Bulan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 17:45 WIB
Wahana antariksa India Chandrayaan-3 sukses mendarat di Bulan. Foto/ISRO
JAKARTA - Wahana antariksa India Chandrayaan-3 dilaporkan sukses mendarat di Bulan. Pencapaian ini membuat India bergabung bersama negara lain seperti Amerika Serikat dan China yang telah mencapai pendaratan di Bulan terlebih dahulu.

Tak hanya itu, India juga mengukir sejarah baru sebagai negara pertama yang mendaratkan wahana antariksanya di kutub selatan bulan. Sebelumnya, negara lain belum mencapai titik tersebut sebagaimana Chandrayaan-3.

Wahana Antariksa India Chandrayaan-3



Chandrayaan-3 adalah wahana antariksa India. Menggunakan roket LVM3, platform ini lepas landas dari Satish Dhawan Space Center, pada Jumat (14/7/2023) pukul 14.30 waktu setempat.





Mengutip Al Jazeera, Chandrayaan-3 memiliki arti ‘Pesawat Bulan’ dalam bahasa Sansekerta. Pada misi ke Bulan kali ini, pengembangan Chandrayaan-3 diperkirakan telah menghabiskan biaya sebesar 6 miliar rupee atau sekitar USD73 juta.

Misi Wahana Antariksa India Chandrayaan-3

Chandrayaan-3 sejatinya menjadi misi ambisius kedua India setelah sebelumnya gagal dengan Chandrayaan-2 pada 2019. Tujuannya adalah untuk mendarat di kutub selatan Bulan dan melakukan penjelajahan lebih lanjut.

Misi tersebut digagas oleh Indian Space Research Organisation (ISRO). Dalam hal ini, mereka menyebut bahwa misi Chandrayaan-3 memiliki tiga tujuan utama.

Pertama, mendemonstrasikan pendaratan yang aman dan lembut di permukaan bulan. Setelah berhasil mendarat dengan baik, tujuan berikutnya adalah melakukan penjelajahan bulan sambil mengumpulkan data serta membuat serangkaian percobaan ilmiah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More