Rusia Pamerkan Pesawat Baru A-50U Mainstay, Mampu Deteksi 300 Target Sejauh 2.000 Km

Jum'at, 22 September 2023 - 20:49 WIB
Angkatan Udara Rusia memamerkan pesawat anyar yang baru diterima dari Rostec State Corporation, yaitu A-50U Mainstay. Foto/TASS/Rostec
MOSKOW - Angkatan Udara Rusia memamerkan pesawat anyar yang baru diterima dari Rostec State Corporation, yaitu A-50U Mainstay. Pesawat peringatan dini dan kendali udara (AEW&C) A-50U merupakan versi upgrade dari pesawat A-50 AEW&C.

Pesawat A-50U diproduksi oleh Vega Concern (bagian dari perusahaan induk Roselektronika Rostec) dan Beriev Taganrog Aviation Scientific-Technical Complex (bagian dari United Aircraft Corporation). Pesawat ini dirancang untuk mendeteksi, melacak dan mengidentifikasi target udara dan darat dan laut yang besar.

Pesawat A-50U juga berperan memberikan informasi tentang target tersebut ke pusat komando, dan memandu pesawat tempur ke target udara dan pesawat garis depan ke target darat dan laut. “Pesawat ini dapat mendeteksi pesawat jenis baru,” kata Rostec dikutip SINDOnews dari laman TASS, Jumat (22/9/2023).



Pesawat A-50U menawarkan elektronik baru dengan parameter kinerja dan kecepatan lebih tinggi, yang memungkinkan peningkatan kemampuan perangkat lunak fungsional. Pesawat ini menggunakan monitor LCD baru dengan ukuran dan resolusi lebih besar, yang meningkatkan efisiensi sistem tampilan radar.



Peningkatan ergonomi akan mengurangi kelelahan kru. Apalagi A-50U juga memiliki sistem piloting dan navigasi baru. “Penggunaan peralatan modern telah mengurangi bobot pesawat dan meningkatkan jangkauan dan waktu pesawat di udara saat melakukan misi tempur,” tambah Rostec.



Dikutip laman airforce-technology, pesawat A-50U dilengkapi dengan kompleks teknis radio (RTC) Shmel II, yang menawarkan kemampuan canggih untuk mendeteksi target darat dengan kontras rendah. Kompleks radio ini menawarkan jangkauan 2.000 km pada pita frekuensi tinggi (HF) dan 400 km pada pita frekuensi ultra tinggi (UHF).

“Sistem Shmel II dapat melacak 300 target sekaligus dan mengarahkan pencegat terhadap 40 target,” tulis airforce-technology.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More