Kota New York Tenggelam Lebih Cepat, NASA Ungkap Penyebabnya

Minggu, 01 Oktober 2023 - 07:58 WIB
Kota New York tenggelam dengan kecepatan rata-rata 0,06 inci per tahun, bahkan di beberapa lokasi mengalami penurunan dua kali lebih cepat. Foto/Daily Mail
NEW YORK - Kota New York tenggelam dengan kecepatan rata-rata 0,06 inci per tahun, bahkan di beberapa lokasi mengalami penurunan dua kali lebih cepat. Ilmuwan NASA menganalisis penyebab kota seluas 302,6 mil persegi ini mengalami penurunan permukaan tanah.

Kota New York terdiri dari lima wilayah, yaitu Manhattan, Queens, Brooklyn, Bronx, dan Staten Island. Ilmuwan NASA bekerja sama dengan peneliti di Rutgers University di New Jersey mengungkapkan ada pergerakan tanah vertikal ke atas dan ke bawah, atau pengangkatan dan penurunan permukaan tanah, di Kota New York dari tahun 2016 hingga 2023.

Kondisi ini terjadi karena beberapa titik lokasi teridentifikasi tenggelam karena berada di atas gletser kuno yang menyusut. Gletser kuno menutupi sebagian besar New England sekitar 24.000 tahun yang lalu.



Dinding es setinggi lebih dari satu mil menutupi tempat yang sekarang disebut Albany di bagian utara New York. Kemudian, mantel bumi perlahan-lahan menyesuaikan diri sehingga Kota New York yang terletak di daratan yang berada tepat di luar tepian lapisan es, kini kembali tenggelam.



Para peneliti menemukan bahwa kota New York tenggelam dengan kecepatan rata-rata 0,06 inci per tahun. Sementara lokasi tertentu, termasuk landasan pacu di Bandara LaGuardia dan Stadion Arthur Ashe, mengalami penurunan dua kali lebih cepat.



Lokasi lain yang tenggelam, termasuk Interstate 78, yang melewati Terowongan Holland yang menghubungkan New York ke New Jersey, Coney Island di Brooklyn, dan Arverne di Queens. Landasan pacu di Bandara LaGuardia dan Stadion Arthur Ashe tenggelam hingga 0,18 inci per tahun.

Studi tersebut menemukan landasan pacu 13/31 di Bandara LaGuardia menyusut 0,15 inci per tahun karena dibangun di bekas tempat pembuangan sampah. Stadion Tenis Arthur Ashe, tempat tenis terbesar di dunia, ditemukan tenggelam 0,18 inci per tahun karena dibangun di atas tempat pembuangan sampah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More