10 Temuan Harta Karun Emas Terbesar di Dunia

Kamis, 05 Oktober 2023 - 09:00 WIB
Peti mati Raja Tutankhamun memiliki berat sekira 125 kilogram, dengan mahkota topeng emas ikonik. (Foto: Greek Reporter)
JAKARTA - Harta karun emas menjadi salah satu simbol kekayaan dan keindahan yang abadi, telah dikaitkan erat dengan penemuan-penemuan luar biasa sepanjang sejarah manusia.

Perburuan emas pun tidak hanya terbatas kepada arkeolog saja, tapi juga masyarakat awam dalam kesehariannya telah menemukan penemuan luar biasa terkait logam mulia ini. Semuanya berdampak besar terhadap komunitas keilmuan dan membuat kagum banyak orang di seluruh dunia.

Dari berbagai sumber, berikut 10 penemuan harta karun emas teratas di abad terakhir dikutip dari Greek Reporter, Kamis (5/10/2023):

1. Peti Mati Berlapis Emas Raja Tutankhamun

Salah satu harta karun emas yang paling mencolok berasal dari masa seabad lalu, milik seorang raja Mesir atau Firaun Tutankhamun. Kematiannya yang terlalu dini di usia muda telah memikat imajinasi dunia selama berabad-abad.

Makamnya bersembunyi di lembah para raja di tepi barat Luxor. Arkeolog Inggris Howard Carter mengungkapkannya pada bulan November 1922 dan menarik perhatian dunia.





Bagian dalam sebuh peti matiterdapat emas padat yang menakjubkan dengan berat sekira 125 kilogram. Peti berisi mumi raja itu juga dimahkotai dengan topeng emas ikonik. Di bagian luarnya terdapat sebuah mahakarya kayu berlapis emas, yang menggambarkan raja dalam wujud Osirian.

2. Rakit Muisca

Artifak Muisca ini ditemukan pada tahun 1969 oleh seorang petani. Dipercaya bahwa artefak tersebut menggambarkan upacara inisiasi penguasa baru.

Terbuat dari paduan emas, perak, dan tembaga, Muisca memiliki kilau kuning kemerahan yang unik. Tekstur kayu rakit mencerminkan deskripsi ritual, dengan penggaris digambarkan secara jelas di tengah sosok-sosok kecil yang sedang mendayung dan mengenakan topeng.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More