Jakarta Terpanggang Cuaca Panas, Ini 5 Wilayah dengan Suhu Paling Dingin di Indonesia

Selasa, 10 Oktober 2023 - 07:55 WIB
Ada sejumlah kota di Indonesia yang memiliki suhu udara paling dingin. Foto: ist
JAKARTA - Sejumlah wilayah di Indonesia masih mengalami suhu cukup panas hingga akhir pekan lalu. Termasuk juga di Jakarta. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) , cuaca panas di di kawasan Jabodetabek berada pada kisaran 35-37,5 derajat Celsius.

Suhu maksimum tertinggi dilaporkan terjadi di Jawa Tengah. Suhu Stasiun Klimatologi setempat mencapai 38,6 derajat Celcius. Nah, di tengah cuaca panas yang panas, ada sejumlah desa atau wilayah yang memiliki suhu terdingin. Sebab, letaknya berada di ketinggian atau dataran tinggi.

Wilayah dengan suhu terdingin di Indonesia tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan kerap jadi destinasi wisata menarik karena punya udara sejuk ditambah pemandangan memesona.

Nah berikut ini 5 wilayah terdingin di Indonesia:

1. Kota Mulia

Kota Mulia ada di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua, dengan suhu yang terbilang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, hawa dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celsius.



Tempat ini menjadi ibu kota kabupaten terdingin di Indonesia yang berada pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kota Mulia merupakan satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya.

Sementara itu, pegunungan Puncak Jaya menjadi puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Tahukah Anda pada siang hari, suhu di kota ini sekitar 15 derajat celsius. Saat malam hari suhu di Kota Mulia mencapai sembilan derajat celsius.

2. Berastagi

Berastagi menjadi salah satu daerah yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Wilayah ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More