15 Fakta Unik Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui, Rambut Rontok 100 Helai Setiap Hari?

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 06:30 WIB
Tubuh manusia memiliki banyak sekali fakta yang tidak diketahui dan bahkan membuat terkejut. Foto: ist
JAKARTA - Tubuh manusia ini memiliki banyak fakta-fakta unik yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Banyak jenis organ dalam tubuh manusia, seperti ginjal, jantung, otak, kulit, hidung, hingga pembuluh darah bekerja dengan cara yang unik. Masing-masing organ tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda dalam membentuk kesehatan tubuh.

Apakah anda pernah berpikir, berapa kali kedip mata kita setiap menitnya? Itu semua karena tubuh kita diciptakan sebagai mesin yang sangat pintar.

Agar organ dalam tubuh kita tetap hidup dan berfungsi sempurna, tubuh akan melakukan banyak proses yang bekerja setiap detik nya tanpa berhenti.

Inilah 15 Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Memiliki kerangka baru dalam 10 tahun

Dilansir dari laman Best Life, rata-rata tulang yang anda miliki sekarang akan beregenerasi sepenuhnya dalam waktu sekitar satu dekade. Seiring bertambahnya usia, dan dengan regenerasi yang lebih lama, dapat menyebabkan tulang menjadi lebih tipis secara alami.

2. Menghasilkan lebih dari 1 liter air liur yang dihasilkan setiap hari

Air liur diproduksi oleh kelenjar ludah yang terletak di dalam mulut. Kelenjar ini dapat memproduksi kurang lebih 1-2 liter air liur setiap harinya.



Air liur ternyata memiliki kandungan protein, mineral, air, serta enzim amilase yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat.

3. Tubuh akan berukuran lebih tinggi pada pagi hari dibandingkan malam hari

Berdasarkan teori dalam bidang antropometri, tinggi badan dapat bertambah pada pagi hari dibandingkan malam hari. Hal ini dapat terjadi, karena adanya pengaruh dari aktivitas manusia, sehingga menyebabkan perubahan panjang kolumna vertebralis selama aktivitas.

4. Memiliki lebih dari 96 ribu kilometer pembuluh darah

Pembuluh darah bekerja didalam tubuh kita sebagai sebuah tim. Jika seluruh pembuluh darah yang ada pada tubuh kita disatukan, bisa melingkari bumi, lho. Meskipun memiliki diameter yang cukup kecil, akan tetapi panjang jaringannya luar biasa. Pembuluh darah dalam tubuh ada tiga jenis. yaitu arteri, kapiler, dan vena.

5. Perut akan keroncongan karena penuh udara dalam usus

Hal ini bisa terjadi karena adanya gas berlebih yang bergerak maju-mundur dalam usus, sehingga perut adakan berbunyi seperti sedang kelaparan. Disebabkan juga oleh masuknya udara ke saluran pencernaan akibat makan terlalu cepat, makan dan bicara pada saat yang bersamaan , ataupun ketika minum saat berolahraga.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More