Spesifikasi Rudal Vympel R-73, Senjata Mematikan Rusia yang Dimiliki TNI AU

Senin, 06 November 2023 - 07:44 WIB
Rudal Vympel R-73 menjadi salah satu senjata yang diterjunkan Rusia dalam perang melawan Ukraina. (Foto: Militer.net)
JAKARTA - Rudal Vympel R-73 menjadi salah satu senjata yang diterjunkan Rusia dalam perang melawan Ukraina. Rudal ini bukan senjata biasa karena telah teruji sejak era Perang Dingin dan terus mengalami pemutakhiran teknologi.

Spesifikasi rudal Vympel R-73 atau AA-11 Archer dalam kode NATO setara dengan Sidewinder andalan Amerika Serikat. Sama dengan Sidewinder, R-73 pun terdiri dari beragam varian, karena rudal ini sejatinya bukan produk baru.

Berikut spesifikasi Rudal Vympel R-73 serta fakta-fakta menarik lainnya, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/11/2023):

1. Peninggalan Perang Dingin



Rudal Vympel R-73 pertama kali dikembangkan pada 1973 oleh Vympel NPO. Dan setelah lewat serangkaian uji, R-73 mulai digunakan oleh AU Soviet pada 1982.

Baca Juga: Kehebatan Rudal Hipersonik R-37M Vympel, Melesat 6 Mach Hancurkan Target Sejauh 400 Km



2. Kehebatan Rudal Vympel R-73



R-73 mengincar panas yang dihasilkan target, yakni dengan pemandu sensor infra merah. Singkat kata, R-73 dapat menembak target dari berbagai sudut dan posisi. Rudal ini cocok untuk dog fight paling berat sekalipun, yaitu hingga level 12G. Tidak hanya itu saja, R-73 dapat dioperasikan dalam segala kondisi cuaca dan anti jamming.

Dilansir dari laman resmi TNI AU, sama dengan AIM-9X Sidewinder, R-73 dapat diintegrasikan dengan helm pilot, memungkinkan pilot membidik sasarannya dengan hanya melihatnya saja.

3. Spesifikasi Rudal Vympel R-73

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More