Rusia Bangun 5 Kapal Selam Nuklir Yasen-M, Punya Spesifikasi Mengesankan

Senin, 20 November 2023 - 18:15 WIB


Mengutip majalah pertahanan Rusia, kapal selam kelas Borei dibekali sonar Irtysh-Amphora-B-055. Sistem hidroakustik sonar ini melampaui kemampuan kapal selam nuklir multiguna generasi keempat AS seperti SSBN kelas Virginia dan kelas Ohio.

Dalam dialog dengan media Rusia, Victor Murakhovsky, Pemimpin Redaksi Majalah Pertahanan Rusia, menyatakan bahwa sistem sonar Borei dapat mendeteksi target sejauh 100 km atau melebihi kapal selam strategis nuklir AS. Sistem Irtysh-Amphora-B-055 kapal selam Borei menawarkan kemampuan multifungsi, pelacakan simultan minimal 30 target bawah air.



Sistem sonar ini terdiri dari antena hidroakustik utama yang dikenal sebagai “Amphora”, antena samping, dan antena penarik. Sistem rumit ini menggunakan pemrosesan sinyal digital untuk pencarian arah kebisingan, pencarian arah gema, dan klasifikasi target.

Selain mendeteksi kapal selam musuh, torpedo, dan ladang ranjau, sistem sonar ini berperan penting dalam operasi Arktik dengan menilai ketebalan es dan menentukan posisi pelepasan rudal. Saat ini, Angkatan Laut Rusia mengoperasikan enam kapal selam kelas Borei, termasuk Yuriy Dolgorukiy, Alexander Nevsky, dan Vladimir Monomakh dari Proyek 955, bersama dengan Knyaz Vladimir, Knyaz Oleg, dan Generalissimus Suvorov dari Proyek 955A.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More