5 Bahasa Tubuh dari Zaman Purba yang Masih Dipakai hingga Kini

Rabu, 22 November 2023 - 16:05 WIB
Manusia telah menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi sejak zaman purba. (Foto: Flickr)
JAKARTA - Manusia telah menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi sejak zaman purba, melalui gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan suara. Pada tahap selanjutnya, suara berubah menjadi bahasa lisan dan jauh setelah itu menjadi kata-kata tertulis.

Terlepas dari perkembangan bahasa, faktanya bahasa tertua melalui gerakan tubuh masih tetap digunakan hingga hari ini. Dikutip dari laman Psychology Today, Rabu (22/11/2023), berikut lima bahasa tubuh dari zaman purba yang masih dipakai hingga kini.

1. Kedipan Alis



Kedipan alis dilakukan dengan mengangkat alis ketika bertemu seseorang. Hal ini merupakan cara sederhana dan primitif untuk menyapa. Seiring waktu, sapaan ini berkembang menjadi anggukan kepala.





2. Jabat Tangan

Jabat tangan memiliki akar sejak zaman purba, terutama dalam situasi perang. Dengan tangan terbuka, seseorang menunjukkan tidak membawa senjata dan orang lain merespons dengan cara yang sama. Bahasa tubuh ini berkembang menjadi jabat tangan yang kita kenal hari ini. Di era Romawi kuno, bahkan genggaman tangan erat melambangkan persahabatan dan kesetiaan.

3. Gerakan Merayu



Di periode awal peradaban manusia, cara meminta sesuatu adalah dengan merentangkan telapak tangan terbuka. Gestur ini tumbuh dari tindakan sederhana meminta seseorang untuk berbagi makanan.

4. Pupil melebar

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More