Asteroid Terakhir yang Dilihat Manusia Purba Akan Melintasi Bumi

Senin, 14 Oktober 2024 - 17:46 WIB
Asteroid Terakhir yang...
Asteroid yang terakhir terlihat dari Bumi sekitar 80.000 tahun lalu FOTO/ DAILY
JAKARTA - Sebuah asteroid yang terakhir terlihat dari Bumi saat Neanderthal ( manusia purba ) masih hidup mungkin bisa terlihat dengan mata telanjang akhir pekan ini,.

Seperti dilansir dari dpa, asteroid A3 (Tsuchinshan-ATLAS) dijuluki sebagai 'komet abad ini' karena penampakannya yang terang dan jernih, menurut Royal Astronomical Society (RAS).

Para astronom mengatakan asteroid tersebut terakhir terlihat dari Bumi sekitar 80.000 tahun lalu dan baru ditemukan pada Januari 2023.

Menurut asosiasi tersebut, para pecinta astronomi di belahan bumi selatan sudah pernah melihat Komet A3, namun kini juga bisa dilihat di belahan bumi utara.

Antara 12 dan 30 Oktober, orang mungkin bisa melihat komet tersebut dengan teropong atau bahkan dengan mata telanjang.

Dalam sebuah video di situs asosiasi, wakil direktur Dr Robert Massey mengatakan memotret komet tersebut mungkin dilakukan, terutama jika menggunakan kamera digital single-lens refleks (DSLR).

Menurut RAS, komet tersebut berasal dari Awan Oort yang mengelilingi tata surya dan berisi miliaran objek termasuk komet.