7 Fakta Unik Anemon Laut, Rumah Bagi Nemo!

Jum'at, 15 Desember 2023 - 07:30 WIB
Tampak ikan badut yang sibuk berlindung di anemon yang beracun. Foto: ist
JAKARTA - Pernah melihat Anemon sebagai tempat berlindung atau rumah para ikan dalam film Nemo? Anemon atau dengan nama lain Actiniaria , merupakan makhluk laut yang berasal dari kelas Anthozoa. Sekilas makhluk ini terlihat seperti tumbuhan namun sebenarnya merupakan jenis hewan.

Hewan invertebrata atau tidak memiliki tulang punggung ini banyak ditemukan di daerah terumbu karang yang dangkal, dan jarang ditemukan pada daerah dengan terumbu karang yang tutupan karang batunya tinggi. Ingin tahu fakta unik dari Anemon?

Berikut 7 Fakta Unik Anemon Laut, yang dirangkum dari laman Facts.Net:

1. Anemon merupakan predator yang dahsyat

Bila dilihat sekilas, Anemon merupakan makhluk laut yang aman dan tidak berbahaya, tetapi sebenarnya dapat memberikan pukulan yang serius. Anemon adalah predator yang kuat meskipun tidak banyak pergerakan.

Makhluk ini memangsa berbagai organisme sebagai makanannya, termasuk plankton, moluska, krustasea, dan ikan. Dalam beberapa kasus yang jarang, Anemon laut yang berukuran lebih besar memangsa hewan yang lebih besar, seperti burung laut.



2. Melumpuhkan mangsa dengan tentakel

Anemon biasa menunggu mangsanya untuk mendekat ke tentakel, untuk bisa memakannya. Ketika mangsa tersebut sudah mendekat, tentakel Anemon akan menangkap, menyengat, lalu memakannya. Tentakel Anemon memiliki sel penyengat khusus bernama cnidocytes yang mirip dengan milik ubur-ubur, sehingga dapat dengan mudah melumpuhkan mangsanya.

3. Memiliki racun kuat yang dapat membunuh manusia

Berbagai jenis Anemon laut memiliki racun-racun yang berbeda, yang dapat melumpuhkan mangsanya. Meskipun kebanyakan dari jenis Anemon tidak berbahaya kepada manusia, beberapa spesies Anemon memiliki racun yang berpotensi melukai atau bahkan hingga membunuh seseorang.

Sebagai contoh, spesies hell’s fire Anemon (Actinodendron arboreum) dapat menyebabkan ulkus (borok) pada kulit yang menyakitkan. Beberapa Anemon karpet (Stichodactyla) juga dapat menyebabkan syok anafilaksis dan gagal organ, yang keduanya berujung pada kematian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More