Satelit Radar Temukan Aktivitas Vulkanik di Mars, Daratan Elysium Planitia Berusia 120 Juta Tahun

Rabu, 20 Desember 2023 - 18:35 WIB
Survei tersebut memungkinkan para peneliti untuk memetakan dan merekonstruksi setiap aliran lava di Elysium Planitia dalam 3D. Kemudian mengungkapkan bahwa lanskap tersebut terdiri dari material dari lebih dari 40 peristiwa vulkanik antara 120 juta dan 1 juta tahun yang lalu.

Beberapa di antaranya benar-benar epik. Satu letusan membanjiri Rahway Valles dengan lebih dari 16.000 kilometer kubik basal cair, satu lagi dengan 12.200 kilometer kubik di Marte Vallis. Lapisan ketiga membanjiri Athabasca Valles dengan 4.000 kilometer kubik batuan cair.



Meskipun Mars saat ini tampak kering, ventilasi yang memungkinkan aliran lava ini bisa saja melepaskan banjir air tanah yang dahsyat pada saat yang sama, sehingga menghasilkan peristiwa yang sangat eksplosif yang membentuk lanskap. Di Bumi, penambahan uap menyebabkan beberapa letusan gunung berapi yang paling eksplosif.

“Saat terjadi retakan pada kerak Mars, air bisa mengalir ke permukaan. Karena tekanan atmosfer yang rendah, air tersebut kemungkinan besar akan mendidih,” jelas Christopher Hamilton.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More