Perkenalkan Vyommitra, Robot Humanoid India yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa

Rabu, 07 Februari 2024 - 22:00 WIB
Rencana India sebelumnya menargetkan peluncuran pada kuartal keempat 2024. Sekarang dijadwalkan akan diluncurkan pada 2025. Kapan pun diluncurkan, misi Gaganyaan berawak pertama akan mengirim astronot dalam kapsul seberat 5,3 ton metrik yang sebagian besar otonom ke orbit Bumi 400 km selama tiga hari. Setelah itu, kapsul berawak akan kembali ke Bumi dan mendarat di laut. Tujuannya adalah untuk menunjukkan India telah mencapai kemampuan penerbangan luar angkasa manusia yang aman.

Kepala ISRO saat ini, S Somnath, dilaporkan telah mengungkapkan kembali pada bulan Oktober bahwa ISRO lebih memilih pilot uji coba perempuan atau ilmuwan perempuan dalam misi Gaganyaan.

Dia mengisyaratkan, menemukan kandidat perempuan yang berkualifikasi sulit, karena tidak ada pilot uji coba pesawat tempur Angkatan Udara di India, sehingga perempuan yang dimasukkan dalam misi kemungkinan besar akan menjadi ilmuwan.

Belum jelas apakah inklusi khusus perempuan tersebut untuk tujuan tertentu atau sebagai upaya keberagaman. Juga tidak jelas apakah Vyommitra dianggap sebagai bagian dari upaya itu.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More