Tiga Bulan Baru Berhasil Ditemukan di Tata Surya

Senin, 26 Februari 2024 - 14:27 WIB
Tiga bulan baru yang ditemukan di tata surya, dua di Neptunus dan satu di Uranus. (Foto: NASA)
JAKARTA - Para ilmuwan berhasil menemukan tiga bulan baru di tata surya, dua di sekitar Neptunus dan satu di Uranus. Tiga bulan baru ini adalah yang paling redup yang pernah ditemukan di sekitar kedua planet raksasa es ini menggunakan teleskop berbasis darat. Penemuan tersebut membutuhkan pengambilan puluhan eksposur lima menit selama beberapa jam.

"Dibutuhkan pemrosesan gambar khusus untuk mengungkapkan objek redup seperti itu," kata Scott S. Sheppard dari Carnegie Institution for Science, yang menggunakan teleskop Magellan di Observatorium Las Campanas Carnegie Science di Chili dilansir dari Forbes, Senin (26/2/2024).

Bulan baru di Neptunus dan uranus yang berhasil ditemukan Sheppard adalah:

1. S/2023 U1, berukuran 8 kilometer, yang membutuhkan 680 hari untuk mengorbit Uranus.

2. S/2002 N5, berukuran 23 kilometer, yang membutuhkan waktu hampir 9 tahun untuk mengorbit Neptunus.



3. S/2021 N1, berukuran 14 kilometer, yang membutuhkan waktu hampir 27 tahun untuk mengorbit Neptunus.



Bulan baru di Uranus pertama kali terlihat pada 4 November. Sheppard juga menemukan bulan kecil S/2023 U1 dalam gambar yang diambilnya pada tahun 2021 menggunakan teleskop Magellan dan teleskop Subaru di Hawaii. Penemuannya ini menambah jumlah total bulan planet raksasa es tersebut menjadi 28.

Enam bulan terbesar di sekitar planet ketujuh dari matahari adalah Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, Puck, dan Miranda, empat di antaranya diduga memiliki lautan bawah tanah. Orbiter Uranus yang diusulkan pada misi unggulan NASA kemungkinan akan berkonsentrasi untuk menemukan apakah bulan-bulan tersebut mungkin menjadi dunia lautan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More