3 Jenis Harimau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Hasil Persilangan

Jum'at, 05 April 2024 - 20:19 WIB
3 Jenis Harimau Terbesar di Dunia,. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Terdapat tiga jenis Harimau terbesar di dunia dari enam subspesies yang masih bertahan. Pada dasarnya harimau memiliki sembilan subspesies, namun tiga diantaranya yakni Harimau Jawa, Harimau Bali, dan Harimau Kaspia telah dinyatakan punah.



Spesies kucing besar ini sebenarnya dapat ditemukan di timur jauh Rusia, sebagian Korea Utara, China, India, Asia Barat Daya, dan pulau Sumatra di Indonesia. Namun populasi manusia semakin bertambah dan merambah habitat harimau sehingga menyebabkan wilayah mereka semakin berkurang.

Menurut World Wildlife, harimau diperkirakan telah kehilangan 95% wilayah jelajah historisnya. Habitat mereka telah hancur, terdegradasi, dan terfragmentasi akibat aktivitas manusia.

Hal tersebut membuat enam subspesies harimau yang masih bertahan sudah masuk ke jajaran hewan dilindungi dan terancam punah. Enam subspesies ini adalah Harimau Bengal, Siberia, Sumatera, Melayu, dan China Selatan.



Dari enam subspesies tersebut dua diantaranya tergolong memiliki ukuran yang cukup besar, sementara salah satu jenis harimau terbesar di dunia ini adalah hasil persilangan.

3 Jenis Harimau Terbesar di Dunia

1. Harimau Bengal



Harimau Bengal mendiami hutan panas dan lembab , dan lahan basah di India , Bangladesh , Bhutan , dan Nepal. Harimau Bengal jantan terbesar dapat tumbuh hingga panjang sekitar 3,2 meter dan berat hampir 295 kg.

Sedangkan Harimau Bengal Betina berukuran lebih kecil, yang terbesar berukuran panjang sekitar 2,7 meter dengan berat sebanyak 181 kg. Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (IUCN) menganggap harimau Bengal sebagai subspesies yang terancam punah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More