10 Negara Tertua di Dunia, Salah Satunya Iran

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB
Iran, yang sebelumnya dikenal sebagai Persia, memiliki sejarah panjang sejak Kekaisaran Mesopotamia kuno. (Foto: Alphacoders)
JAKARTA - Sejarah umat manusia mencatat negara-negara tertentu telah teruji oleh waktu. Asal-usul dan sejarah panjang mereka menceritakan kisah tentang ketekunan, inovasi, kekuatan militer dan kekayaan budaya.

Perjalanan masing-masing negara selama ribuan tahun tidak hanya mencerminkan ketahanan masyarakatnya, namun juga kontribusi terhadap budaya, seni, dan budaya, sains dan pemerintahan.

Dari piramida megah di Mesir hingga warisan filosofis Yunani, dari kebesaran dinasti Tiongkok hingga kedalaman spiritual India, negara-negara ini mewakili tempat lahirnya peradaban dunia.

Berikut 10 negara tertua di dunia dilansir dari Pumpkinheadfarm, Rabu (24/4/2024):

1. Mesir



Mesir dianggap sebagai salah satu peradaban tertua di dunia, yang berusia lebih dari 5.000 tahun. Tanah kuno di sepanjang Sungai Nil ini terkenal dengan piramidanya yang megah, Firaun yang agung, dan keajaiban kuno yang misterius seperti Sphinx.



Letak Mesir yang strategis dan suburnya Delta Nil berperan penting dalam kemakmuran dan pengaruh budaya Mesir sepanjang sejarah. Warisan Mesir sebagai tempat lahirnya peradaban manusia tidak ada bandingannya, dan kontribusinya terhadap seni, arsitektur, matematika, dan astronomi telah berpengaruh sepanjang zaman.



2. China



China memiliki peradaban dengan sejarah lebih dari 4.000 tahun, menjadikannya salah satu budaya tertua di dunia. Dari dinasti kuno hingga kemajuan modern, pengaruh China terhadap seni, sains, filsafat, dan pemerintahan sangat besar. Tembok Besar, Kota Terlarang, dan Prajurit Terakota adalah simbol abadi kekayaan warisan dan kehebatan teknologi China. Ketahanan budaya dan semangat inovatifnya meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah dunia dan terus membentuk dunia modern.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More