Kenalan dengan Kelelawar Putih Honduras: Kecil, Imut, Berbulu, dan Bisa Membuat Tenda

Jum'at, 26 April 2024 - 11:17 WIB
Mungkin ini satu-satunya kelelawar yang tampangnya imut dan menggemaskan. Foto: ist
HONDURAS - Kelelawar biasanya dikenal menakutkan, bahkan menjijikan. Tapi, kelelawar putih asal Honduras ini sedikit beda. Ukurannya kecil, imut, berbulu, dan punya kemampuan aneh: bisa membuat tenda.

Tiga ekor kelelawar putih kecil tampak berada di tengah daun hijau besar. Daun lain menggantung di atas mereka seperti tenda.

Kelelawar ini menggigit daun di titik yang tepat, sehingga jatuh menjadi tenda. Tujuannya, untuk menyembunyikan mereka dari pemangsa.

Ketiganya adalah kelelawar asal Honduras, yang memiliki banyak perbedaan dibandingkan spesies kelelawar lainnya.

Mamalia terbang ini memang memiliki keanekaragaman spesies yang luar biasa di dunia. Misalnya, kelelawar kepala martil yang sangat besar dan memakan buah-buahan. Ada juga kelelawar yang ditemukan kawin tanpa penetrasi.



Di hutan hujan Honduras, ada sekelompok kecil kelelawar putih Honduras yang membangun tenda mereka sendiri.

Di mana habitat kelelawar putih Honduras?

Kelelawar putih Honduras memiliki nama ilmiah Ectophylla alba dan terdaftar oleh IUCN Red List sebagai spesies yang Hampir Terancam.

Mereka memiliki panjang rata-rata hanya 3,7 hingga 4,7 sentimeter (1,5-1,9 inci) dan berat hanya sekitar 6 gram (0,2 ons), menurut Rainforest Alliance. Mereka hanya ditemukan di Amerika Tengah di Honduras, Kosta Rika, Nikaragua, dan Panama.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More