Mengenal Virginia, Kapal Selam Paling Mematikan Milik AS

Senin, 20 Mei 2024 - 06:58 WIB


Selama dua dekade sejak peluncuran kapal selam USS Virginia—kapal pertama di kelasnya—pada 2003, kemampuannya terus meningkat. Model awal memiliki 12 tabung Vertical Launch System (VLS) untuk rudal jelajah Tomahawk serangan darat dan empat tabung torpedo untuk torpedo Mk-48 atau ranjau.

Versi Block III mengganti VLS dengan dua Tabung Muatan Virginia yang berisi enam rudal. Kapal Block V yang sedang dibangun saat ini akan menjadi baterai rudal terapung: Modul Muatan Virginia baru yang dipasang di tengah kapal akan menambahkan empat tabung peluncur vertikal besar yang masing-masing dipersenjatai dengan tujuh rudal Tomahawk, dengan total 40 tabung.

Dengan puluhan rudal subsonik Tomahawk yang mampu mencapai target sejauh 1.600 kilometer dan bahkan rudal hipersonik yang lebih canggih di masa depan, kapal selam kelas Virginia dapat menyerang jauh ke wilayah musuh dari perairan yang jauh. Namun, hanya fokus pada persenjataan berarti mengabaikan kualitas yang membuat kapal selam begitu mematikan sejak kemunculan pertama U-boat dalam Perang Dunia I.

Kapal penjelajah kelas Ticonderoga Angkatan Laut AS memiliki 122 tabung peluncur rudal VLS dan kapal induk kelas Ford dapat meluncurkan hampir 100 pesawat terbang, tapi keduanya tidak dapat bersembunyi di bawah laut.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More