4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia

Rabu, 19 Juni 2024 - 17:11 WIB
China menjadi salah satu negara dengan kemampuan militer terkuat di dunia. Foto: SCMP
BEIJING - Ada sejumlah fakta terkait pengembangan nuklir China yang menarik diketahui. Saat ini, Negeri Tirai Bambu diperkirakan setidaknya punya 500 hulu ledak.

China menjadi salah satu negara dengan kemampuan militer terkuat di dunia. Mereka juga menjadi satu dari sedikit negara yang diketahui memiliki senjata nuklir.

Selama beberapa tahun ke belakang, China disebut telah memperluas program modernisasi nuklirnya. Mereka mampu membuat lebih banyak jenis dan jumlah senjatanya dibandingkan negara-negara lain.



Terbaru, kelompok peneliti internasional bahkan menyebut perluasan senjata nuklir Beijing menjadi yang paling cepat di dunia. Lebih jauh, berikut ini sejumlah fakta mengenai perkembangan nuklir China yang bisa diketahui.

Fakta Nuklir China

1. Pertama Kali Diluncurkan Pada 1964

Pengembangan senjata nuklir China sebenarnya telah berlangsung cukup lama. Beijing disebut mulai mengembangkannya pada akhir 1950-an dengan bantuan Uni Soviet.

Beberapa waktu setelah pengembangan pertamanya, China meluncurkan uji coba nuklir pertama pada 16 Oktober 1964. Namun, dalam kepemilikannya Beijing menganggap senjata tersebut hanya sebagai alat pencegah minimum apabila nantinya diserang oleh negara lain dengan nuklir.

Mengutip laman Nuclear Threat Initiative, Rabu (19/6/2024), China sejak awal pengembangan program nuklir selalu mengandalkan saran atau masukan dari asing. Namun, seiring waktu mereka bisa menjadi mandiri dan tetap produktif.

2. Jumlah Hulu Ledak Nuklir China

Saat ini, hanya sedikit negara yang diketahui memiliki senjata nuklir. Menariknya, China menjadi salah satu di antaranya.

Menurut data Statista, China tercatat sudah memiliki 500 hulu ledak nuklir per Januari 2024. Angka tersebut mungkin masih kalah jauh dengan negara lain seperti Amerika Serikat dan Rusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More