7 Obat Termahal Sejagat, Ada yang Tembus Rp60 Miliar!

Sabtu, 28 September 2024 - 10:21 WIB
loading...
7 Obat Termahal Sejagat,...
Sejumlah obat memiliki harga yang sangat amat mahal karena sangat sulit diproduksi. Foto: Shutterstock
A A A
JAKARTA - Obat paling mahal di dunia menjadi ulasan menarik diketahui. Salah satunya berharga lebih dari Rp60 miliar.

Pada perkembangannya, obat telah biasa digunakan sebagai bahan untuk mengobati penyakit atau gangguan tertentu. Keberadaannya sendiri cukup mudah ditemui, baik di warung, apotek hingga rumah sakit.

Namun, tidak semua obat itu berharga murah. Obat yang dipakai untuk penyembuhan atau penanganan penyakit langka punya konsekuensi harga yang mahal.

Pada 2023 lalu, Reuters melaporkan bahwa harga rata-rata obat telah meningkat 35% di Amerika Serikat. Kenaikan harga terjadi saat industri farmasi mulai mengadopsi pengobatan untuk penyakit langka.

Lalu, apa saja obat-obatan termahal di dunia yang saat ini diketahui? Berikut ulasannya.

Obat Paling Mahal di Dunia

Obat termahal di dunia saat ini dipegang oleh Lenmeldy. Obat tersebut merupakan jenis obat terapi gen untuk penyakit leukodystrofi metakromatik (MLD).

Harganya cukup fantastis, yakni mencapai USD4,25 juta atau sekitar Rp65,6 miliar. Kelangkaan penyakit ini menjadi salah satu faktor di balik harganya yang selangit.

Mengutip MIT Technology Review, Orchard Therapeutics selaku pembuat Lenmeldy, menjelaskan bahwa harga USD4,25 juta mencerminkan nilai obat tersebut yang memang dibuat secara khusus. Orchard bahkan disebutkan mempekerjakan 160 orang untuk mengembangkan Lenmeldy.

Kemudian, ada juga Hemgenix dengan harga USD3,5 juta atau sekitar Rp52,9 miliar. Obat terapi gen ini diluncurkan pada 2022 dan digunakan untuk mengobati kelainan perdarahan hemofilia B.

Lebih jauh, berikut ini tujuh obat paling mahal di dunia yang bisa diketahui sebagaimana dilansir dari laman Quartz. Simak daftarnya:

1. Orchard Therapeutics’s Lenmeldy - Rp64,89 miliar

2. CSL Behring’s Hemgenix - Rp53,48 miliar

3. Sarepta Therapeutics’s Elevidys - Rp48,89 miliar
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2628 seconds (0.1#10.140)