Ini yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Jum'at, 12 Juli 2024 - 15:52 WIB
Bumi Berhenti Berputar. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Bayangkan Bumi berhenti berputar secara tiba-tiba. Apa yang akan terjadi? Skenarionya akan sangat kacau balau, dengan konsekuensi yang fatal bagi sebagian besar kehidupan di planet ini.

BACA JUGA - Bumi Sekarat, Jutaan Spesies Hadapi Bencana Kepunahan

Sepertu dilansir dari IFL Science, Rotasi Bumi menghasilkan tonjolan di khatulistiwa. Jika Bumi berhenti berputar, air laut akan bermigrasi ke kutub karena tarikan gravitasi, memicu gempa bumi dan tsunami kolosal di seluruh dunia.



Atmosfer Bumi akan terus bergerak dengan kecepatan rotasi sebelumnya, menghasilkan angin berkecepatan 400 km/jam, empat kali lebih kuat dari badai terkuat yang pernah tercatat. Angin ini akan meratakan bangunan, mencabut pohon, dan menyebabkan kerusakan yang meluas.

Pergerakan tiba-tiba Bumi yang berhenti akan membuat orang-orang yang berada di garis khatulistiwa terlempar ke arah timur dengan kecepatan 1.600 km/jam, setara dengan kecelakaan mobil berkecepatan tinggi.

anpa rotasi, satu sisi Bumi akan terus menghadap Matahari, mengalami siang hari permanen, sementara sisi lainnya akan terjebak dalam kegelapan abadi. Hal ini akan menyebabkan efek yang parah pada fotosintesis, rantai makanan, dan iklim global.

Pola cuaca global akan menjadi kacau balau. Daerah yang sebelumnya mengalami iklim sedang akan menjadi sangat panas atau sangat dingin, menyebabkan kekeringan, banjir, dan kepunahan massal.

Rotasi Bumi membantu menghasilkan medan magnet yang melindungi kita dari radiasi berbahaya dari Matahari. Tanpa rotasi, medan magnet akan melemah, membuat kita lebih rentan terhadap kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Skenario Bumi yang berhenti berputar adalah peristiwa bencana yang akan memusnahkan sebagian besar kehidupan di planet ini.

Gempa bumi, tsunami, angin kencang, perubahan iklim ekstrem, dan radiasi yang berbahaya hanyalah beberapa dari konsekuensi mengerikan yang akan terjadi.

Meskipun ini adalah pertanyaan hipotetis yang menarik, penting untuk diingat bahwa Bumi tidak akan pernah berhenti berputar secara tiba-tiba.

Rotasi Bumi dikendalikan oleh berbagai faktor, termasuk gaya gravitasi dari Matahari dan Bulan, dan sangat tidak mungkin terjadi perubahan mendadak
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More