Cegah Bencana di Daerah Rawan Longsor dan Erosi dengan Inovasi MacMat HS

Kamis, 01 Agustus 2024 - 16:17 WIB
Longsor yang terjadi di area lereng belakang Yayasan Al-Husainiyyah pada tanggal 23 April 2023 lalu. FOTO/ DOK SINDOnews
BANDUNG - Indonesia, dengan kondisi geografisnya yang unik, sangat rentan terhadap bencana alam seperti erosi dan longsor.Daerah dengan kemiringan lereng yang tinggi sangat rentan terhadap longsor, terutama saat hujan deras seperti beberapa di wilayah Jawa Barat.



Maccaferri Indonesia memberikan solusi yang inovatif untuk pengendali erosi di Yayasan Al-Husainiyah, Kecamatan Cidadap, Bandung, Jawa Barat.



Longsor yang terjadi di area lereng belakang Yayasan Al-Husainiyyah pada tanggal 23 April 2023, membuat jalan penghubung yayasan serta rumah warga ke jalan besar terputus sehingga menghambat mobilitas warga untuk beraktivitas.

Untuk mengurangi risiko bencana erosi dan longsor, diperlukan upaya mitigasi yang komprehensif

“Program CSR digagas dengan kepedulian kami terhadap institusi pendidikan yang mempunyai nilai yang selaras untuk mengabdi kepada masyarakat. Sehingga kita secara bersama-sama dengan ikatan alumni serta para donatur menyukseskan terwujudnya program bantuan perbaikan longsor ini,” ucap Aswin Lim, PhD selaku Ketua Panitia CSR Universitas Katolik Parahyangan

Dalam CSR ini, Maccaferri mengaplikasikan MacMat HS dengan vegetasi seluas 300 m2 MacMat HSmerupakan geomat berkinerja tinggi, yang menggabungkan geomat polimer matriks tiga dimensi yang diperkuat dengan sistem netting Maccaferri.

Ini digunakan untuk aplikasi stabilisasi permukaan lereng yang menuntut kombinasi perlindungan erosi dan stabilisasi permukaan.

Selain untuk mencegah terjadinya longsor, Macmat HS sekaligus membantu melestarikan vegetasi alami untuk tumbuh, sehingga kawasan lereng akan semakin hijau dan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi para warga setempat.

“CSR ini merupakan komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan. Solusi kami dirancang dan dikembangkan untuk selalu meningkatkan kualitas hidup berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Riccardo Laneri, selaku Managing Director Maccaferri Indonesia.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More