Bintik Matahari Bertambah Banyak, Ini yang Akan Terjadi pada Bumi

Minggu, 18 Agustus 2024 - 21:28 WIB
Bintik Matahari . FOTO/ Wion News
LONDON - Matahari baru-baru ini mencatat jumlah bintik matahari terbesar dalam lebih dari dua dekade, dengan perkiraan mencapai 299 bintik matahari pada 8 Agustus, menurut data dari Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa AS (SWPC).



Seperti dilansir dari Wion News, Minggu (18/9/2024), ini adalah angka tertinggi sejak Juli 2002 dan mungkin menunjukkan bahwa Siklus Matahari 25 sedang mendekati puncaknya.



Bintik matahari adalah area yang relatif lebih gelap di permukaan Matahari. Mereka muncul akibat medan magnetik yang kuat di permukaan Matahari, yang menghambat aliran panas dari dalam bintang tersebut.

Bintik matahari bisa sebesar Bumi atau bahkan lebih besar, dan jumlah serta intensitas bintik matahari bervariasi dalam siklus matahari yang berlangsung sekitar 11 tahun.

Lontaran Massa Koronal (CME): Bintik matahari sering kali dikaitkan dengan lontaran massa koronal, yaitu ledakan besar plasma dan medan magnet dari korona Matahari.

CME dapat mempengaruhi medan magnetik Bumi dan menyebabkan gangguan dalam sistem satelit dan komunikasi radio.

Bintik matahari juga dapat menyebabkan semburan matahari yang mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Ini dapat menghasilkan fenomena geomagnetik di Bumi, seperti aurora atau badai geomagnetik, yang dapat memengaruhi teknologi dan infrastruktur.

Aktivitas Matahari yang tinggi, yang ditunjukkan oleh banyaknya bintik matahari, dapat menyebabkan cuaca ruang yang lebih aktif. Ini berpotensi memengaruhi satelit, sistem navigasi, dan jaringan listrik.

Jumlah bintik matahari yang tinggi mungkin menandakan bahwa kita sedang berada di fase maksimum dari Siklus Matahari 25.

Selama periode ini, aktivitas Matahari umumnya meningkat, yang dapat berdampak pada berbagai sistem teknologi dan atmosfer Bumi.

Meskipun bintik matahari itu sendiri adalah fenomena alami, pemantauan dan analisis yang cermat diperlukan untuk memahami sepenuhnya dampaknya terhadap Bumi dan teknologi kita.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More