China Kuasai Dunia Robot! Robot Humanoid China Siap Gantikan Pekerja Manusia?

Senin, 26 Agustus 2024 - 18:06 WIB
Perusahaan yang berpartisipasi di World Robot Conference 2024 memamerkan lebih dari 600 unit robot, dengan lebih dari 60 di antaranya melakukan debut dunia mereka di konferensi tersebut.

Ledakan Robot Humanoid

Robot humanoid di World Robot Conference 2024 di Beijing, China, pada 22 Agustus 2024. Foto: SCMP



Tahun 2024 diprediksi bakal jadi tahun kunci bagi robot humanoid untuk keluar dari laboratorium dan masuk ke ritel. Pasar global untuk robot humanoid diperkirakan akan mencapai USD154 miliar pada 2035, prediksi bank investasi Goldman Sachs.

Memanfaatkan keunggulan dalam rantai industri, skenario konsumsi, basis data, dan dukungan kebijakan, China tumbuh menjadi kekuatan aktif dalam industri robot humanoid global.

Hingga 2022, industri robot humanoid China tetap pada tahap penelitian dasar dan akumulasi teknologi. Robot-robot yang diproduksi masih sangat terbatas, fungsinya pun untuk eksperimen, pameran atau pertunjukan.

Namun, sejak 2023, industri ini memasuki periode terobosan dengan skala industri melonjak menjadi USD549 juta, naik 85,7 persen tahun ke tahun, menurut penelitian tentang perkembangan ekologis industri robot humanoid China yang dikeluarkan tahun ini oleh China Center for Information Industry Development (CCID) di bawah MIIT.

“China memiliki pasar yang cukup besar dan rantai pasokan industri terbaik di dunia, yang sangat kondusif untuk produksi skala besar produk-produk hemat biaya," kata Jiao Jichao, wakil presiden UBTECH.

Data dari Qichacha, platform data bisnis di China, menunjukkan bahwa negara ini sekarang menjadi rumah bagi hampir 720.000 bisnis terkait robot. Di antara mereka, lebih dari 20 perusahaan sekarang memproduksi produk robot humanoid lengkap.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More