Inilah Penyebab Rudal Houthi Bisa Tembus Iron Dome Israel

Rabu, 18 September 2024 - 14:20 WIB
Dari serangan Houthi mulai banyak pihak yang bertanya-tanya terkait sistem pertahanan Israel Iron Dome yang seakan tidak berfungsi. Foto: ist
ISRAEL - Rudal Houthi yang ditembakkan dari Yaman berhasil menembus masuk ke Tel Aviv Israel pada (15/9/2024). Kabarnya rudal yang ditembak oleh kelompok milisi itu tidak mampu dibendung oleh sistem pertahanan iron dome Negeri Yahudi.

Sebelum masuk ke Tel Aviv, rudal Houthi itu telah melewati wilayah udara Arab Saudi dan Yordania. Serangan rudal tersebut memicu sirine di Israel tengah pada pukul 6:32 pagi, dengan peringatan terdengar dari timur Tel Aviv hingga Modiin.

Dilansir dari Times of Israel, rudal Houthi tersebut telah diidentifikasi saat diluncurkan dari Yaman barat laut sekitar pukul 6:21 pagi.



Magen David Adom, layanan darurat Israel, melaporkan sembilan orang terluka ringan saat berlari ke ruang aman setelah sirine berbunyi.

Dari serangan Houthi ini mulai banyak pihak yang bertanya-tanya terkait sistem pertahanan Israel Iron Dome yang seakan tidak berfungsi. Mengingat sebelumnya, iron dome gagal menghentikan serangan Hamas dan tidak mampu mencegat serangan Hizbullah.

Penyebab Rudal Houthi Bisa Tembus Iron Dome

Pihak Israel menegaskan jika sistem pertahanan Israel telah bekerja untuk mencegat rudal balistik tersebut. Sehingga segala kerusakan yang terjadi bukan disebabkan oleh rudal utuh, melainkan pecahan rudal yang telah dihalau.

Menurut penyelidikan Angkatan Udara Israel, rudal Houthi terkena rudal pencegat, meskipun tidak berhasil menghancurkan target sepenuhnya. Setidaknya satu pencegat Arrow mengenai rudal tersebut, tetapi tidak menghancurkannya, demikian temuan penyelidikan tersebut.

Sebaliknya, pencegat tersebut menyebabkan rudal Houthi pecah di udara, dan hulu ledak, serta bagian-bagian lainnya, jatuh ke tanah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More