Spesifikasi Rudal Setan-2 Rusia, Senjata Mengerikan Bernilai Rp769 Miliar

Selasa, 08 Oktober 2024 - 20:31 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Setan-2...
Setan-2 adalah rudal berbahan bakar cair tiga tahap. Bersama bobot peluncuran 208,1 metrik ton, rudal ini diklaim mampu menjangkau hingga 18.000 km. Foto: ist
A A A
RUSIA - Spesifikasi rudal Setan-2 Rusia menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Biasa dikenal juga dengan nama RS-28 Sarmat, senjata mengerikan ini masuk jenis rudal balistik antarbenua (ICBM).

Baru-baru ini, rudal Setan-2 dilaporkan meledak ketika dilakukan uji coba. Mengerikannya, sejumlah gambar yang beredar menunjukan ledakan itu menciptakan kawah raksasa di lokasi tes kosmodrom Plesetsk.

Lebih jauh, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari rudal Setan-2 Rusia itu? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Rudal Setan-2 Rusia
Spesifikasi Rudal Setan-2 Rusia, Senjata Mengerikan Bernilai Rp769 Miliar

Setan-2 alias RS-28 Sarmat merupakan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang sedang dikembangkan Rusia. Senjata mengerikan ini memakai bahan bakar cair dan bisa membawa hulu ledak nuklir.

Mengutip MissileThreat, Setan-2 dirancang Rusia sebagai pengganti rudal SS-18 yang sudah menua. Pada pengembangannya, rudal ini mulai digarap sekitar tahun 2000-an.

Bicara soal spesifikasi, Setan-2 adalah rudal berbahan bakar cair tiga tahap. Bersama bobot peluncuran 208,1 metrik ton, rudal ini diklaim mampu menjangkau hingga 18.000 km.

Melihat wujudnya, Setan-2 punya diameter 3 m dan panjang 35,3 m. Tak tanggung-tanggung, Rusia mengembangkannya sebagai Heavy ICBM dan diharapkan bisa menambah kekuatan militernya.

Pada bawaannya, Setan-2 bisa membawa muatan sampai 10 ton dengan berbagai pilihan hulu ledak. Media Rusia menyebut rudal ini bisa membawa 10 hulu ledak besar, 16 hulu ledak kecil hingga kendaraan hipersonik boost-glide.

Meski sejatinya masih berada dalam tahap pengembangan, Setan-2 nantinya akan menjadi senjata mengerikan ketika sudah selesai dikerjakan. Terlepas dari kegagalan beberapa uji coba, pengamat tetap mengkhawatirkan rudal tersebut apabila nantinya benar-benar dipakai Rusia untuk menyerang musuhnya.

Baca Juga: Iron Dome Gagal Bendung Rudal Iran, tapi Israel Blokir Berita

Sementara itu, ada beberapa laporan yang menyebut rudal Setan-2 ini bernilai fantastis. Misalnya seperti Express UK yang memperkirakan untuk 1 unitnya mungkin bisa mencapai £38 juta atau sekitar Rp769,7 miliar.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi rudal Setan-2 Rusia yang harganya ditaksir mencapai miliaran rupiah untuksetiapunit.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2556 seconds (0.1#10.140)