Makan Batu di Luar Angkasa? Astronot Masa Depan Siap Santap Milkshake Asteroid

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 10:04 WIB
Bakteri yang ditumbuhkan dari senyawa karbon di asteroid dapat diubah menjadi semacam milkshake dengan nutrisi seimbang. Foto: ist
JAKARTA - Astronot masa depan dapat menikmati makanan bergizi sempurna yang terbuat dari bakteri yang dibiakkan di asteroid yang telah dihaluskan, menghasilkan semacam milkshake atau yogurt.

Meskipun para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional telah bereksperimen dengan menanam daun selada, sebagian besar makanan yang dikonsumsi di luar angkasa diangkut dari Bumi.

Hal ini akan menjadi mustahil untuk misi luar angkasa yang lebih jauh dan lebih lama. Karena itu, Joshua Pearce di Western University di Ontario, Kanada, dan rekan-rekannya memutuskan untuk menyelidiki penggunaan bakteri untuk mengubah senyawa yang mengandung karbon dari asteroid menjadi makanan yang dapat dimakan.



Mereka memang belum melakukan proses ini menggunakan asteroid sungguhan. Tetapi Pearce dan timnya telah melakukan eksperimen serupa menggunakan bakteri untuk memecah plastik dari paket ransum tentara yang tersisa.

Untuk melakukan hal tersebut, mereka memanaskan plastik tanpa adanya oksigen, sebuah proses yang disebut pirolisis, dan kemudian memberikannya ke campuran bakteri pemakan karbon.

“Ketika Anda melihat produk penguraian pirolisis yang kita tahu dapat dimakan bakteri, dan kemudian apa yang ada di asteroid, sebenarnya cukup cocok," kata Pearce. "Jadi saya pikir ini benar-benar bisa berhasil."

Bakteri kolektif tersebut akhirnya berwujud “seperti milkshake karamel”, kata Pearce, dan tim tersebut juga telah bereksperimen dengan mengeringkan zat ini untuk menghasilkan sesuatu seperti yogurt atau bahkan bubuk.

Meskipun mungkin tidak terdengar terlalu menggugah selera, Pearce mengatakan bakteri tersebut sangat cocok untuk kebutuhan manusia.

“Kami melakukan analisis nutrisi, dan ternyata itu hampir menjadi makanan yang sempurna," katanya. "Ternyata konsorsium bakteri yang kami gunakan, kurang lebih, memiliki masing-masing sepertiga untuk protein, karbohidrat, dan lemak."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More