Bumi Resmi Memiliki Dua Bulan

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 15:35 WIB

Mereka tidak bertahan lama, hanya selama beberapa minggu atau bulan, sebelum lepas bebas dan melanjutkan perjalanan mengelilingi matahari.

Asteroid 2024 PT5 adalah bagian dari sabuk asteroid Arjuna - sekelompok batuan ruang angkasa yang mengikuti orbit mirip dengan Bumi, sekitar 93 juta mil dari matahari. Beberapa objek sabuk asteroid Arjuna dapat mendekati Bumi pada jarak dekat sekitar 2,8 juta mil dan dengan kecepatan yang relatif rendah di bawah 2.200 mil per jam.

"Asteroid 2024 PT5 tidak akan menggambarkan orbit penuh di Bumi. Bisa dikatakan satelit sejati seperti pelanggan yang membeli barang di dalam toko, sementara objek seperti 2024 PT5 adalah window shopper," kata Carlos de la Fuente Marcos, profesor dan pakar mini-bulan dari Complutense University.

Meskipun mungkin terdengar luar biasa bagi Bumi mendapatkan bulan kedua, penangkapan gravitasi semacam ini ternyata fenomena biasa. Para ilmuwan telah mendokumentasikan dua penangkapan singkat sebelumnya, yang berlangsung sekitar seminggu dan diperkirakan terjadi beberapa kali per dekade. Ada juga dua peristiwa penangkapan panjang yang lebih jarang.