Berisikan Emas Putih, Ilmuwan Temukan Harta Karun di Dasar Danau Salton

Minggu, 06 Oktober 2024 - 23:28 WIB
Danau Salton. FOTO/Audubon
CALIFORNIA - Danau Salton sebuah danau terbesar di California terdeteksi menyimpan tambang "emas putih" yang merupakan harta karun senilai hampir USD540 miliar.



Seperti dilansir dari Wion News, para ilmuwan sedang mempelajari danau terbesar sebagai bagian dari penelitian yang didanai oleh Departemen Energi.



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak litium, yang juga disebut "emas putih karena penampilannya yang seperti pasir putih", yang ada di dasar danau.

Litium hadir dalam jumlah yang sangat besar sehingga jika diekstraksi, ia akan mampu menciptakan baterai untuk sebanyak 382 juta kendaraan listrik. Penciptaan baterai sebanyak itu akan menjadikan Amerika Serikat sebagai negara terdepan dalam bidang kimia.

Berbicara tentang penemuan tersebut, seorang profesor geokimia di University of California dan salah satu dari 22 penulis studi tersebut, Michael McKibben, mengatakan, "Ini adalah salah satu endapan air garam litium terbesar di dunia. Hal ini dapat membuat Amerika Serikat sepenuhnya mandiri dalam hal litium dan berhenti mengimpornya melalui China."

asannya

Gubernur California Gavin Newsom sebelumnya menyebut Danau Salton sebagai "Arab Saudi-nya litium". Penemuan ini menjadikan danau tersebut sebagai sumber litium terbesar di dunia.

Berbicara kepada radio KJZZ, jurnalis iklim LA Times Sammy Roth mengatakan, "Mereka menemukan bahwa ada potensi cukup litium di sana untuk memasok baterai bagi 382 juta kendaraan listrik, yang jumlahnya lebih banyak daripada jumlah kendaraan yang ada di jalan raya di Amerika Serikat saat ini. Jadi, jika kita bisa mendapatkan semua litium itu, itu akan sangat besar."

Namun, tidak mudah untuk mengekstrak litium dari danau dan akan ada bahayanya tersendiri.

Sebagaimana dilaporkan oleh SFGATE, tidaklah mudah untuk mengekstraksi litium dari danau tersebut dan akan dibutuhkan "sumur produksi panas bumi untuk mengekstraksi air garam yang kaya akan litium dari ribuan kaki di bawah permukaan bumi, dan setelah litium larut dari air garam tersebut, cairan tersebut dipompa kembali ke bawah tanah."

Pengeboran tersebut juga dapat berdampak pada 180.000 orang yang tinggal di dekat danau tersebut. Pengeboran tersebut juga dapat memengaruhi pasokan air yang berasal dari Sungai Colorado.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More