Giok Naga Berusia 5 Ribu Tahun Menyimpan Rahasia Asal Mula Peradaban China

Kamis, 10 Oktober 2024 - 06:40 WIB
Sejumlah giok naga ditemukan dalam penggalian di situs arkeologi Yuanbaoshan di kota Chifeng. Foto/Xinhua
JAKARTA - Penemuan terbaru berupa 100 artefak batu giok zaman batu di situs arkeologi Yuanbaoshan di kota Chifeng diyakini bakal mengungkap awal mula peradaban China .

Di antara relik yang ditemukan di wilayah Mongolia Dalam itu adalah tiga naga giok berwarna dengan ukuran berbeda, masing-masing berusia lebih dari 5.000 tahun.

Salah satu naga giok, seukuran telapak tangan dan berwarna hijau zamrud, adalah yang terbesar dari jenisnya yang ditemukan di China utara.



Menurut kantor berita Xinhua, naga berkepala babi ini berbeda secara signifikan dari penggambaran makhluk mitos yang lebih modern. Mereka terkait dengan budaya Hongshan Zaman Batu yang pernah berkembang di Mongolia Dalam dan provinsi Liaoning dan Hebei terdekat.



Budaya kuno ini dikenal karena membuat beberapa artefak giok paling awal di dunia, terutama sebagai bagian dari ritual pemakamannya.

"Beragamnya artefak giok yang ditemukan mengisi celah penting dalam pemahaman kita tentang penggunaan giok peradaban kuno ini," kata Sun Jinsong, direktur Institut Relik Budaya dan Arkeologi Mongolia Dalam, dilansir dari The Independent, Kamis (10/10/2024).

Sisa-sisa manusia dan tembikar yang ditemukan di situs tersebut menunjukkan artefak tersebut memang milik budaya Hongshan. Lebih dari 1.100 situs budaya Hongshan telah digali sejauh ini, sebagian besar di sekitar tenggara Mongolia Dalam dan barat Liaoning.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More