5 Hewan dengan Produksi Telur Terbanyak di Dunia

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 08:56 WIB
Hewan dengan produksi telur terbanyak di dunia ternyata cukup mengejutkan. Foto: Live Science
JAKARTA - Dunia hewan penuh dengan keajaiban. Dan salah satu yang paling menakjubkan adalah kemampuan beberapa spesies untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang luar biasa banyak.

Fenomena ini merupakan strategi reproduksi yang memungkinkan spesies tersebut untuk memaksimalkan peluang keberhasilan reproduksi, meskipun tingkat kematian anak-anaknya tinggi.

Berikut adalah 5 hewan dengan produksi telur terbanyak di dunia:

1. Ikan Mola-Mola (Ocean Sunfish)



Ikan mola-mola, atau yang juga dikenal sebagai ikan matahari laut, adalah ikan bertulang terberat di dunia. Ikan yang berbentuk unik ini dapat ditemukan di lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Salah satu fakta yang paling mencengangkan tentang ikan mola-mola adalah kemampuannya untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang fantastis.

Jumlah Telur: Seekor betina mola-mola dapat melepaskan hingga 300 juta telur sekaligus, menjadikannya hewan vertebrata dengan produksi telur terbanyak di dunia.

Strategi Reproduksi: Jumlah telur yang sangat banyak ini merupakan strategi untuk mengatasi tingkat kematian tinggi pada larva mola-mola. Larva mola-mola sangat kecil dan rentan terhadap predator, sehingga hanya sedikit yang berhasil bertahan hidup hingga dewasa. Dengan menghasilkan jutaan telur, mola-mola meningkatkan peluang setidaknya beberapa keturunannya akan bertahan hidup dan melanjutkan garis keturunan.

2. Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik

Ikan tuna sirip biru Atlantik adalah ikan predator besar yang dikenal dengan kecepatan dan kekuatannya. Ikan ini merupakan bernilai ekonomis tinggi dan menjadi target penangkapan ikan komersial di seluruh dunia. Sayangnya, penangkapan ikan yang berlebihan telah menyebabkan penurunan populasi ikan tuna sirip biru Atlantik secara signifikan.

Jumlah Telur: Seekor betina tuna sirip biru Atlantik dapat menghasilkan hingga 10 juta telur dalam satu musim pemijahan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More