Arkeolog Pastikan Kalajengking Laut Raksasa Pernah Hidup di Bumi

Minggu, 27 Oktober 2024 - 23:23 WIB
Kalajengking Laut Raksasa. FOTO/ WION NEWS
LONDON - Ahli paleontologi telah membuat penemuan mengejutkan yang menyatakan bahwa kalajengking laut raksasa seukuran manusia pernah hidup di Bumi.

Para peneliti dari American Museum of Natural History, Australian Museum Research Institute, dan WB Clarke Geoscience Center, di Australia, menyajikan data bukti baru tentang pterygotid eurypterid dari masa Silur dan Devon di New South Wales dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam jurnal Gondwana Research.

Kalajengking laut raksasa ini termasuk dalam kelompok artropoda yang disebut eurypterida. Mereka hidup sekitar 444 juta tahun yang lalu dan punah terutama karena perubahan lingkungan karena tidak ada bukti keberadaan mereka yang ditemukan sejak 393 juta tahun yang lalu.

Tim tersebut berupaya mengungkap detail tentang keberadaan pterygotid di wilayah yang sekarang disebut Australia.

Setelah mempelajari formasi batuan di New South Wales, mereka menemukan bukti bahwa makhluk purba ini pernah hidup di wilayah tersebut.

Dua contoh baru eurypterid pterygotid - satu dari era Silur dan satu lagi dari era Devon juga ditemukan. Khususnya, era Silur adalah periode 419,2 hingga 358,9 juta tahun lalu, sedangkan era Devon adalah 443,8 hingga 419,2 juta tahun lalu.

Sebagian besar fosil yang ditemukan adalah eksoskeleton, sementara satu fosil adalah Pterygotus. Jaekelopterus, spesies kalajengking laut terbesar, merupakan fosil yang tersisa.

Beberapa fosil telah ditemukan di sekitar superbenua Gondwana di masa lalu. Penemuan baru-baru ini hampir identik dengan penemuan-penemuan sebelumnya di daerah tersebut. Para peneliti mengatakan bahwa ini berarti kalajengking tersebut berlayar dan menyeberangi lautan yang idealnya berjarak ribuan kilometer.

Karena kalajengking ini sangat besar, mereka dapat berperan dalam menyeberangi lautan dengan mudah. Namun, kebutuhan untuk bermigrasi mungkin juga berperan dalam ukuran mereka. Kalajengking raksasa ini sudah tidak ada selama jutaan tahun.

Perubahan komposisi iklim dan lingkungan kemungkinan besar telah membunuh mereka semua. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang tersedia tentang mengapa mereka punah. Para ilmuwan berharap dapat segera menemukan jawabannya.