Ilmuwan: Alien Penghuni 1.000 Bintang Terdekat Bisa Lacak Kehidupan di Bumi

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 22:09 WIB
Ilmuwan sebut ada 1.000 lebih bintang terdekat yang penghuninya (alien) bisa melacak kehidupan di Bumi. Foto/ist
JAKARTA - Saat umat manusia meningkatkan pencariannya akan kehidupan alien atau makhluk luar angkasa (ET), kita juga harus ingat bahwa mereka juga mungkin memburu kita. (Baca juga: Fisikawan Ungkap Alasan Alien belum Berkomunikasi dengan Penduduk Bumi )

Sebuah studi baru menyatakan hal itu dengan mengidentifikasi lebih dari 1.000 bintang terdekat yang memiliki posisi yang baik untuk melihat kehidupan di Bumi.

"Jika pengamat di luar sana mencari (dari planet yang mengorbit bintang-bintang ini), mereka akan dapat melihat tanda-tanda biosfer di atmosfer Titik Biru Pucat kami (Bumi)," kata penulis studi Lisa Kaltenegger, seorang profesor astronomi di Cornell dan Direktur Universitas Carl Sagan Institute, dilansir Space.com.

"Dan kita bahkan bisa melihat beberapa yang paling terang dari bintang-bintang ini di langit malam kita tanpa teropong atau teleskop," kata Kaltenegger menegaskan.

Metode Transit

Para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet yang ditemukan dengan "metode transit". Metode ini mendeteksi penurunan kecerahan kecil yang disebabkan ketika "dunia" yang mengorbit melintasi wajah bintang induknya, dari sudut pandang pengamat.

Strategi itu terbukti sangat efektif digunakan oleh teleskop luar angkasa Kepler, periskop perintis NASA yang saat ini digunakan oleh penggantinya, Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS).

Dalam waktu dekat, para peneliti juga akan dapat memindai atmosfer beberapa planet transit terdekat untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang potensial. Pencarian ini menjadi salah satu dari banyak tugas yang dilakukan oleh James Webb Space Telescope milik NASA yang nilainya USD9,8 miliar. Teleskop dijadwalkan diluncurkan pada akhir tahun depan.

Dalam studi baru, Kaltenegger dan rekannya, Joshua Pepper, profesor fisika di Universitas Lehigh, menganggap Bumi sebagai target survei planet transit daripada sumber survei.