Kenapa Migrasi Burung Tidak Pernah Tersasar, Ini Penjelasannya

Senin, 15 Februari 2021 - 14:27 WIB
Meskipun sebagian besar setuju bahwa burung tertentu menavigasi melalui medan magnet bumi, namun para ilmuwan belum mengetahui secara tepat peralatan sensorik apa yang mereka gunakan untuk mendeteksinya.

Terlepas dari itu, jika burung telah mengetahui bahwa intensitas magnet meningkat saat mereka pergi ke utara, mereka harus dapat mendeteksi posisinya pada sumbu utara-selatan di mana pun mereka berada. Demikian pula, jika mereka mengalami nilai deklinasi yang lebih besar dari apa pun yang pernah mereka alami sebelumnya, mereka harus tahu bahwa mereka lebih jauh ke timur. Atas dasar ini, teorinya adalah bahwa mereka dapat menghitung posisi mereka di grid dan mengoreksi orientasinya. (Baca juga: Arkeolog Temukan Bukti yang Bisa Patahkan Klaim Columbus Lebih Dulu ke Alaska)

Ini berarti bahwa burung pada dasarnya menavigasi menggunakan sistem yang mirip dengan dasar navigasi GPS modern. Jika teori koordinat ini akurat, itu berarti burung harus dapat menggunakan pengetahuannya tentang parameter medan magnet untuk memperkirakan lokasinya di mana saja di Bumi.

Namun, hingga saat ini, belum ada bukti jelas bahwa burung dapat menggunakan medan magnet dengan cara ini. Tetapi studi baru kami tentang burung pengicau buluh Eurasia yang bermigrasi - atau Acrocephalus scirpaceus - adalah yang pertama menunjukkan bukti jelas bahwa mereka sebenarnya dapat melakukan ini.