Gawat! Ratusan Jenis Ikan yang Dikonsumsi Manusia Makan Sampah Plastik

Sabtu, 13 Maret 2021 - 21:47 WIB
Penyebaran sampah plastik yang lintas lautan dan antarwilayah negara. Sampah ini juga perlu waktu lama untuk terurai, hingga puluhan tahun. Hasil urainya yang berukuran mikro juga sudah masuk ke sistem rantai makanan di lautan.

Hal itu akan berbahaya bagi manusia yang mengonsumsi biota-biota laut seperti ikan, cumi-cumi, kerang-kerangan dan lainnya. Tidak itu saja, saat terurai atau dekomposisi, berbagai polutan berbahaya diserap oleh material plastik ini.

Saat ini Indonesia sendiri diperkirakan menyumbang 0,48–1,29 juta metrik ton dari total 4,8 hingga 12,7 juta metrik ton per tahun sampah plastik ke lautan di dunia. Ini membuat Indonesia ada di posisi ke-2 setelah Tiongkok sebagai negara penyumbang buangan sampah plastik ke laut.

Indonesia sendiri diperkirakan menyumbang 0,48–1,29 juta metrik ton dari total 4,8 hingga 12,7 juta metrik ton per tahun sampah plastik ke lautan di dunia. Ini membuat Indonesia ada di posisi ke-2 setelah Tiongkok sebagai negara penyumbang buangan sampah plastik ke laut. Laut juga terancam oleh microbeads atau bahan campuran dalam produk kosmetik dan produk kesehatan. Ukurannya yang sangat kecil (<5mm) dan dipakai secara rinse-off atau tersapu air sehingga limbah microbeads sulit dikendalikan.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More