Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Sabtu, 25 Desember 2021 - 14:49 WIB
Penggunaan reaktor nuklir sebagai energi alternatif banyak digunakan di sejumlah negara sebagai pengganti bahan bakar fosil yang semakin langka. Foto/Dok/SINDOnews
Penggunaan reaktor nuklir sebagai energi alternatif banyak digunakan di sejumlah negara sebagai pengganti bahan bakar fosil yang semakin langka. Tidak hanya sebagai sumber tenaga listrik , reaktor nuklir dapat digunakan sebagai penelitian dan membuat radioisotop (isotop radioaktif).

Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa negara yang memiliki reaktor nuklir terbanyak.

1. Amerika Serikat



Negara ini menduduki peringkat pertama dengan total kapasitas nuklir terpasang sebesar 91,5GW, yang dihasilkan oleh 93 reaktor di 30 negara bagian. Pada 2019, AS menggunakan ini untuk menghasilkan 843TWh; lebih dari 30% dari produksi energi nuklir global.



Meskipun menjadi pemilik reaktor nulir terbanyak di dunia, Amerika Serikat masih bergantung pada gas alam dan batu bara sebagai pembangkit listrik. (Baca juga; AS Rampungkan Konstruksi Radar Anti-Rudal Balistik, Ini Kehebatannya )

2. Prancis



Negara ini memiliki total 53 buah reaktor nuklir, yang menyumbang sekitar 75% pasokan listrik yang ada di negara tersebut. Tidak hanya itu, Prancis juga mampu menghasilkan sekitar 17% listriknya dari nuklir daur ulang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More