Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Sabtu, 25 Desember 2021 - 14:49 WIB
loading...
Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka
Penggunaan reaktor nuklir sebagai energi alternatif banyak digunakan di sejumlah negara sebagai pengganti bahan bakar fosil yang semakin langka. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
Penggunaan reaktor nuklir sebagai energi alternatif banyak digunakan di sejumlah negara sebagai pengganti bahan bakar fosil yang semakin langka. Tidak hanya sebagai sumber tenaga listrik , reaktor nuklir dapat digunakan sebagai penelitian dan membuat radioisotop (isotop radioaktif).

Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa negara yang memiliki reaktor nuklir terbanyak.

1. Amerika Serikat
Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Negara ini menduduki peringkat pertama dengan total kapasitas nuklir terpasang sebesar 91,5GW, yang dihasilkan oleh 93 reaktor di 30 negara bagian. Pada 2019, AS menggunakan ini untuk menghasilkan 843TWh; lebih dari 30% dari produksi energi nuklir global.

Meskipun menjadi pemilik reaktor nulir terbanyak di dunia, Amerika Serikat masih bergantung pada gas alam dan batu bara sebagai pembangkit listrik. (Baca juga; AS Rampungkan Konstruksi Radar Anti-Rudal Balistik, Ini Kehebatannya )

2. Prancis
Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Negara ini memiliki total 53 buah reaktor nuklir, yang menyumbang sekitar 75% pasokan listrik yang ada di negara tersebut. Tidak hanya itu, Prancis juga mampu menghasilkan sekitar 17% listriknya dari nuklir daur ulang.

Pada 2020, negara ini secara kolektif menghasilkan sebesar 338.7TWh dari reaktor nuklirnya. Pemerintah Prancis sendiri telah berjanji akan membangun lebih banyak reaktor pada 2050. (Baca juga; Space Force AS Luncurkan Satelit Pendeteksi Nuklir dan Komunikasi Laser )

3. China
Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Hanya terpaut tipis dari Prancis, China ternyata memiliki total 51 reaktor nuklir yang tersebar di seluruh negeri. Sebesar 330TWh dihasilkan oleh negara ini pada 2019. Meskipun demikian, tingkat penggunaan listrik yang dihasilkan di negara ini masih sangat kecil.

Pada 2019, hanya 5% energi listrik yang ada di Cina yang dihasilkan oleh nuklir. Saat ini, Cina telah giat membangun hingga 18 reaktor nuklir baru yang direncanakan akan menambah kapasitas bruto menjadi 43GW di masa yang akan datang. (Baca juga; Untuk Kedua Kali, China Luncurkan Satelit Komunikasi Tianlian II )

4. Jepang
Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Saat ini Jepang memiliki 33 reaktor nuklir yang beroperasi dengan kapasitas terpasang bersih sebesar 31,7 GW. Pemerintah tengah menggiatkan pembangunan dua buah reaktor nuklir baru yang diberi nama Ohma 1 dan Shimane 3 dengan kapasitas bersih 2,6GW. Hingga Maret 2011, Jepang memperoleh sekitar 30% kebutuhan listriknya dari energi nuklir. (Baca juga; Canggih, Jepang Ciptakan Layar TV yang Bisa Dijilat dan Dirasakan )

Namun, setelah hancurnya PLTN Fukushima Daishii pada 2011, negara ini sempat menghentikan seluruh pembangkit nuklir selama dua tahun. Ketergantungan negara terhadap sumber energi tak terbarukan seperti gas alam dan minyak bumi menuai banyak keluhan dari berbagai pihak. Hingga akhirnya negara ini perlahan kembali membangkitkan reaktor nuklirnya. Pada 2019, Jepang berhasil memproduksi hingga 65,7TWh listrik nuklir.

5. Rusia
Negara dengan Reaktor Nuklir Terbanyak, Nomor 3 Tak Disangka

Rusia memiliki 38 reaktor yang beroperasi dengan kapasitas bersih gabungan 29,6GW. Pada 2019, Rusia memproduksi 195,5TWh energi nuklir, yang menyumbang sekitar 19,7% dari total listrik yang dihasilkan negara tersebut. (Baca juga; Seteru dengan AS Kian Panas, Rusia Tembakkan Rudal Hipersonik Zircon )

Perkembangan teknologi nuklir di negara ini sendiri telah berlangsung sejak lama, dan dijuluki sebagai salah satu pelopor asli teknologi nuklir. Pada saat ini, dua buah reaktor nuklir dengan kapasitas bersih gabungan 2,3GW sedang dibangun sebagai bagian dari proyek Kursk II.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)