Ilmuwan di Inggris Abadikan Leonardo DiCaprio Jadi Nama Pohon, Alasannya Bikin Terharu

Jum'at, 07 Januari 2022 - 11:02 WIB
Para ilmuwan di Royal Botanic Gardens, Kew, Inggris menamakan jenis pohon yang baru ditemukan di hutan Kamerun dengan nama Leonardo DiCaprio. Foto/dok
LONDON - Para ilmuwan di Royal Botanic Gardens, Kew, Inggris menamakan jenis pohon yang baru ditemukan di hutan Kamerun dengan nama Leonardo DiCaprio, pemeran utama Film Titanic.

Pohon yang diberi nama resmi Uvariopsis dicaprio ini hanya tumbuh di hutan Kamerun yang terkenal akan keanekaragaman hayatinya yang luar biasa.

Pemberian nama ini karena para ilmuwan ingin memberi penghormatan pada bintang Hollywood itu atas bantuannya dalam menyelamatkan hutan hujan dari penebangan.

"Kami pikir dia sangat penting dalam membantu menghentikan penebangan Hutan Ebo," kata Dr Martin Cheek dari Kew.

Para ilmuwan dan konservasionis merasa ngeri ketika mereka mendengar rencana pemerintah setempat untuk mengizinkan sebagian besar Hutan Ebo dibuka untuk penebangan.

Padahal salah satu hutan hujan terbesar yang relatif tak tersentuh di Afrika Tengah, ini adalah rumah bagi orang-orang Banen dan berbagai flora dan fauna yang unik, termasuk gorila, simpanse, dan gajah hutan yang terancam punah.

Pakar internasional menulis surat kepada pemerintah untuk mendokumentasikan spesies hewan dan tumbuhan berharga yang terancam punah. Masalah ini diangkat oleh DiCaprio, yang postingan di media sosialnya ke jutaan pengikutnya menambah momentum kampanye.