Youtuber Thailand Temukan Spesies Baru Tarantula, Ini Keunikannya

Kamis, 20 Januari 2022 - 22:02 WIB
Seorang ahli satwa liar yang juga Youtuber Thailand, JoCho Sippawat menemukan spesies baru tarantula yang hanya hidup di Asia Tenggara. Foto/Narin Chomphuphuang
JAKARTA - Seorang ahli satwa liar yang juga Youtuber Thailand, JoCho Sippawat menemukan spesies baru tarantula yang hanya hidup di Asia Tenggara. Tarantula ini sangat unik karena, biasanya tarantula hidup di tanah dan berpindah-pindah pohon tetapi yang satu ini berbeda.

JoCho Sippawat, yang memiliki 2,5 juta Subscriber di YouTube, pertama kali menemukan tarantula saat dalam perjalanan ke hutan dekat tempat tinggalnya di Mae Tho, distrik Mueang Tak, provinsi Tak, barat laut Thailand.



Sippawat kemudian mengirim gambar laba-laba ke seorang peneliti di departemen entomologi dan patologi tanaman Universitas Khon Kaen di Thailand, Narin Chomphuphuang, melalui email.

"Hewan-hewan ini benar-benar luar biasa; mereka adalah tarantula pertama yang diketahui dengan ekologi berbasis bambu," kata Narin Chomphuphuang seperti dikutip CNN, Kamis (20/1/2022).



Tarantula di Asia Tenggara biasanya hidup di tanah atau di pepohonan. Tarantula yang tinggal di pohon biasanya menghabiskan waktu di berbagai jenis pohon.



Ini adalah tarantula pertama yang hidup secara eksklusif di tanaman tertentu. "Laba-laba yang baru dikenali adalah satu-satunya tarantula yang hidup di pohon yang hidup di Thailand," kata studi tersebut.

Chomphuphuang tak asal menyebut kalau tarantula itu adalah spesies baru. Dirinya baru yakin ketika melakukan observasi langsung ke lokasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More